JPNN.comJAKARTATimnas Basket Indonesia menatap positif hasil uji coba di Australia menjelang tampil pada SEA Games 2023.

Tercatat anak asuhan Milos Pejic itu menjalani sembilan laga uji coba sebelum tampil di ajang olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Menurut Asisten Pelatih Timnas Basket Indonesia Johannis Winar, hasil uji coba di Negeri Kanguru membuat kekompakan antarpemain menjadi lebih baik.

Selain membuat chemistry antarpemain lokal jadi lebih baik, adaptasi dengan dua pemain naturalisasi, yakni Lester Prosper dan Anthony Beane Jr, berjalan apik.

Keduanya terlihat sudah menyatu dan mengerti satu sama lain soal gaya permainan penggawa Timnas Basket Indonesia.

“Secara keseluruhan tim bermain cukup bagus. Penyesuaian Beane dan Lester terhadap permainan so far so good. Kolaborasi dengan pemain lokal juga berjalan baik,” ungkap pelatih yang akrab disapa Ahang itu.

Kehadiran Prosper dan Beane menjadi motivasi tersendiri untuk Timnas Basket Indonesia, mengingat di SEA Games 2023 berstatus sebagai juara bertahan.

Kehadiran keduanya menumbuhkan optimisme Skuad Garuda bisa mempertahankan medali emas yang diraih di edisi 2021.

Saat ini, Timnas Basket Indonesia tinggal membenahi beberapa sektor untuk mematangkan persiapan menjelang tampil di SEA Games 2023 mendatang.

“Defense masih menjadi perhatian kami. Mulai dari komunikasi defense satu lawan satu.  Untuk menyerang, kami harus lebih sabar lagi dan jangan terburu-buru dalam melakukan penyelesaian akhir,” tambah Ahang.

Timnas Basket Indonesia mengakhiri tur Australia dengan raihan empat kemenangan dan mengemas lima kekalahan.

Tercatat kekalahan yang diderita Vincent Rivaldi Kosasih cum suis di antaranya lawan South West Metro Pirates (70-88), Logan Thunder (90-104), Waverley Falcons (88-92), Ballarat Miners (71-77), dan Sutherland Sharks (89-93).

Adapun empat kemenangan yang diraih di antaranya melawan Logan Thunder QSL Team (84-77), Red City Roar (69-62), Southern Districts Spartans (113-98), dan Illawarra Hawks (89-81).

Catatan ini sejatinya menurun mengingat pada 2022 silam sebelum tampil di SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia juga beruji coba di Australia meraih hasil positif.

Tercatat tahun lalu di Australia, Timnas Basket Indonesia mampu mengemas tujuh kemenangan dan hanya kalah tiga kali.

Rencananya, para penggawa Timnas Basket Indonesia akan kembali ke tanah air pada Senin (24/4), dan berlatih di Jakarta hingga SEA Games 2023.

Ajang SEA Games 2023 sendiri rencananya akan digelar di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei mendatang. (perbasi/mcr16/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

By admin