JawaPos.com-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk siap dioperasikan secara fungsional pada H-10 Idul Fitri.

Hal ini disampaikan Basuki saat melakukan peninjauan proyek jalan tol, pada Kamis (30/3) kemarin, didampingi oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Director of Operation III Perseroan Warjo, Senior Vice President Infrastructure II Division Fatkhur Rozaq dan juga Project Manager Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Andesit Krisna.

’’Ruas jalan tol ini akan dibuka secara fungsional H-10 Lebaran 2023. Mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang–SS Kutanegara–Taman Mekar–Jalan Pangkalan sepanjang 28,75 km,” kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3).

Ia menjelaskan, jelang momentum mudik Lebaran 2023, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait. Dalam hal ini guna memastikan kesiapan dan kenyamanan pelayanan baik itu jalan nasional dan jalan tol.

’’Menjelang momentum Mudik Lebaran 2023 ini, Kementerian PUPR terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak demi kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan nasional maupun jalan tol. Serta, antisipasi peningkatan jumlah pengguna jalan menjelang Lebaran 2023,” jelas Basuki. “Dengan hadirnya Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 ini nantinya diharapkan bisa mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I Jati Asih–Setu, Paket II Setu–Sukabungah, dan Paket III dari Sukabungah–Sadang.

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Purbaleunyi.

Nantinya, akan ada tujuh gerbang tol (GT) di jalan tol Japek II Selatan. Ketujuh GT tersebut adalah GT Jati Asih, Bantar Gebang, Setu, Sukaragam, Taman Mekar, Kutanegara, serta Sadang.

Warjo berharap dengan dibukanya secara fungsional Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 bisa mempermudah masyarakat saat mudik Lebaran nanti. Salah satunya, bisa semakin mempersingkat waktu tempuh. ’’Waskita berharap dengan dibukanya secara fungsional ini bisa semakin mempersingkat waktu tempuh masyarakat saat mudik Lebaran nanti,” tutur Warjo. (*)

By admin