JawaPos.com – PT BISA Ruang Nusantara (BIRU) yang berfokus pada aspek sosial berkerjasama dengan jenama lokal penyedia berbagai kebutuhan gaya hidup, Torajamelo dalam mendukung pemberdayaan masyarakat adat, khususnya perempuan. Melalui kerja sama ini, keduanya melakukan investasi berdampak positif dengan berkomitmen untuk memberikan dana dalam bentuk utang yang dapat dikonversi menjadi saham senilai Rp 7,5 miliar yang akan dimanfaatkan untuk ekspansi bisnis dan meningkatkan dampak sosial.

Direktur Utama PT Delta Dunia Makmur Tbk, Ronald Sutardja dalam keterangan resmi yang diterima mengungkapkan rasa antusiasnya terhadap kerja sama ini. “Komitmen terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) telah menjadi bagian tidak terpisahkan sejak perusahaan berdiri dan komitmen ini juga kami pastikan dijalankan di seluruh anak usaha kami (BIRU) yang berfokus pada bidang lingkungan dan kewirausahaan sosial,” ujarnya.

“Dukungan yang kami berikan kepada Torajamelo merupakan wujud nyata komitmen kami terhadap akselerasi ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan serta dampak sosial termasuk mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama di daerah-daerah di mana pengembangan kapasitas dan akses ke pasar masih terbatas,” katanya lagi.

Ronald melanjutkan, pihaknya berharap bantuan yang diberikan pihaknya bukan saja bisa mendukung pengembangan wirausaha perempuan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga, namun juga mendukung kelestarian lingkungan. “Dengan demikian, kami dapat meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas,” katanya.

Sementara itu, Direktur Torajamelo Dinny Jusuf memberikan apresiasinya terhadap kerja sama ini. “Kami sangat mengapresiasi kemitraan ini. Kami berharap bisa menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi wirausaha perempuan sekaligus memajukan komunitas pengusaha perempuan untuk menghasilkan produk yang bernilai sosial tinggi dan ramah lingkungan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi pengrajin sekaligus wirausaha perempuan,” ujarnya.

Torajamelo juga menggagas sebuah platform penyedia merek lokal yang dikurasi dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan bernama Ahana. Kehadiran Ahana diyakini Dinny bisa membantu BIRU untuk melakukan investasi berdampak positif guna mengakselerasi program ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan sekaligus meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas.

“Dengan meningkatnya daya saing produk hasil karya wirausaha perempuan Indonesia, produk bernilai budaya semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia dan dikenal kancah internasional sehingga dapat menjadi sarana untuk mengenalkan warisan budaya Indonesia ke khalayak luas, termasuk pasar global,” tutupnya.

By admin