JawaPos.com – Rencana Pol Espargaro bangkit di MotoGP musim ini terhambat. Mantan pembalap Repsol Honda yang musim ini tampil untuk GasGas Factory Racing Tech3 itu kini mengalami cedera parah.

Aleix Espargaro, kakak Pol, bahkan menyebut penyembuhan sang adik akan memakan waktu panjang.

”Dia harus bersabar. Masa pemulihannya akan sangat panjang. Tapi, yang terpenting dia bisa sembuh,” kata Aleix dilansir Crash.

”Usianya masih muda. Jadi, ada kemungkinan besar untuk pulih dari cederanya itu,” tambah pembalap Aprilia tersebut.

Aleix menjelaskan, kecelakaan tunggal Pol di tikungan sepuluh Sirkuit Algarve, Portimao, pada sesi latihan bebas kedua (FP2) Jumat (24/3) membuatnya mengalami cedera di beberapa titik sekaligus.

Sedikitnya ada tiga cedera yang dialami pembalap 31 tahun tersebut. Yakni, cedera rahang, tulang rusuk, dan punggung.

Aleix mengungkapkan, untuk cedera rahang, Pol membutuhkan penanganan operasi secepatnya.

”Dia sangat bersemangat untuk sembuh. Itu membuatku meninggalkannya di rumah sakit dengan lebih tenang,” ujar Aleix.

Akibat insiden Pol ini, para pembalap MotoGP ramai-ramai kembali meminta Sirkuit Algarve meningkatkan sistem keamanan sirkuit mereka.

Terutama perubahan batu gravel yang dianggap para pembalap tidak standar. ”Kami mengatakannya sejak 2021, tapi tetap tidak ada perubahan,” tegas Francesco Bagnaia, pembalap Ducati.

Balapan perdana MotoGP 2023 di GP Portugal akhir pekan kemarin (26/3) memang memakan banyak korban. Beberapa insiden terjadi sekaligus. Sedikitnya empat pembalap harus melewatkan balapan kedua akhir pekan ini di GP Argentina.

Empat pembalap yang dipastikan absen selain Pol adalah Marc Marquez (Repsol Honda), Miguel Oliveira (RNF Racing), dan Enea Bastianini (Ducati).

By admin