JawaPos.com – Persebaya Surabaya berhasil keluar dari rentetan hasil buruk. Kemenangan atas Persikabo 1973 (25/3) kembali menguatkan mental skuad Green Force setelah sebelumnya gagal menang di enam laga beruntun.

Itu menjadi modal penting bagi tim besutan Aji Santoso saat menantang tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang, malam nanti.

Sayangnya, Persebaya tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Kapten sekaligus pengatur serangan di lini tengah Alwi Slamat dipastikan absen karena akumulasi kartu. ”Kami sudah siapkan pengganti. Dan, semoga siapa pun yang bermain bisa memberikan hasil maksimal,” harap Aji Santoso.

Selain bermain tanpa Alwi, Green Force harus waspada dengan kebangkitan PSIS. Mahesa Jenar tentu tidak ingin makin terpuruk setelah di delapan pertandingan terakhir selalu gagal meraih kemenangan (tiga kali seri dan lima kali kalah). Apalagi, Taisei Marukawa dkk akan tampil di hadapan ribuan suporter fanatiknya.

Aji paham betul akan hal tersebut. Apalagi, dia melihat PSIS tidak tampil dengan skuad utamanya di pertandingan terakhir ketika dihajar tiga gol tanpa balas oleh tuan rumah Barito Putera (26/3). Taisei Marukawa dan Carlos Fortes tidak dibawa ke Banjarmasin.

Kondisi keduanya pasti sangat fit dan siap melawan Persebaya. ”Tentu itu bagian dari taktik dan strategi untuk melawan kami,” ucapnya.

Pria asal Malang itu memang memberikan perhatian lebih kepada Marukawa dan Fortes. Tapi tetap tidak akan melakukan penjagaan man-to-man marking kepada keduanya. ”Kami memilih zona marking. Kami mewaspadai semua pemain PSIS yang pasti berbahaya di pertahanan kami,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih PSIS Gilbert Agius tidak membantah sudah jauh-jauh hari mempersiapkan laga melawan Persebaya. Termasuk menyimpan beberapa pemain di pertandingan melawan Barito Putera. ”Pemain kami lebih fresh dan kami sudah mempersiapkan diri dengan baik,” tegasnya.

Gilbert yakin malam nanti adalah momen kebangkitan timnya. Dia bahkan menyebut anak asuhnya sedang dalam motivasi yang sangat tinggi untuk bisa memberikan tiga poin kepada suporter PSIS. ”Kami akan memberikan lebih dari 100 persen kemampuan. Pertandingan ini sangat penting bagi kami,” katanya.

Soal Persebaya, Gilbert paham dengan cara bermain anak asuh Aji Santoso. Khususnya soal kemampuan individu pemain yang di atas rata-rata. ”Tapi, saya juga yakin pemain kami bisa mengatasi hal itu. Pemain kami sama baiknya,” ungkapnya.

PERKIRAAN PEMAIN

PSIS Semarang (4-2-3-1)

30-Adi Satryo (g); 46-Fredyan Wahyu, 19-Alfeandra Dewangga, 5-Wahyu Prasetyo, 62-Taufik Hidayat; 17-Ryo Fujii, 69-Delfin Rumbino; 23-Wawan Febrianto, 29-Septian David Maulana (c), 7-Taisei Marukawa; 9-Carlos Fortes

Pelatih: Gilbert Agius

Persebaya Surabaya (4-2-3-1)

21-Ernando Ari (g); 16-G. Brown, 44-Riswan Lauhin , 4-Leo Lelis (c), 37-Alta Ballah; 96-M. Hidayat, 18-Brylian Aldama; 11-Supriadi, 10-Ze Valente, 14-Sho Yamamoto; 9-Paulo Victor

Pelatih: Aji Santoso

Stadion Jatidiri, Semarang

Kickoff pukul 20.30 WIB

By admin