JawaPos.com – Musisi Ahmad Dhani mengeluarkan ultimatum kepada sahabatnya yang merupakan mantan vokalis Dewa 19, Elfonda Mekel atau lebih dikenal dengan sapaan Once Mekel. Ultimatum tegas itu berupa larangan Once menyanyikan lagu-lagu dari Dewa 19.

Ahmad Dhani beralasan, pihaknya secara tegas mengeluarkan larangan Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 terhitung sejak Selasa (28/3) kemarin. Itu karena ingin memberikan privilege terhadap EO atau promotor konser Dewa 19 supaya lagu-lagu dari Dewa 19 secara eksklusif hanya bisa dinikmati dalam gelaran konser.

“Saya nggak mau Once menyanyikan lagu Dewa itu karena mengganggu konser Dewa. Kita mau memberikan privilege lah ke EO. Hanya EO konser Dewa 19 yang bisa mempersembahkan lagu-lagu Dewa 19,” kata Dhani di bilangan Pluit Jakarta Utara Selasa (28/3).

Ahmad Dhani menyebut, setelah lebaran Idul Fitri, konser Dewa 19 ada banyak dan sudah terisi sampai dengan bulan Desember 2023 mendatang. “Setiap weekend ada 2 kali konser,” akunya.

Dewa 19 sebenarnya terbiasa menggandeng sejumlah vokalis dalam gelaran konsernya. Mulai dari Ari Lasso, Once, Virzha, hingga Ello. Dalam gelaran konser tahun ini, Dhani menyebut kemungkinan konser Dewa 19 akan dihelat tanpa melibatkan Once. “Tidak (melibatkan Once),” katanya.

Sementara itu, pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, mengingatkan akan konsekuensi hukum apabila Once nekat tetap menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Konsekuensi hukum tersebut mengacu pada UU tentang Hak Cipta.

“Kalau dia melanggar Pasal 9 ayat 1 huruf C,D, dan H untuk penggunaan secara komersial, pidananya 3 tahun dan denda Rp 500 juta. Kalau Once melanggar ketentuan pasal 9 ayat 1 huruf A, B, E, G, ancamannya 4 tahun,” ucap Ali Lubis.

Dalam kesempatan itu, pengacara Ahmad Dhani menekankan pemanfaatan sebuah karya lagu baru berlaku penerapan sistem royalti apabila sudah mengantongi izin dari pemilik hak. Dengan demikian, perizinan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan jika akan membawakan sebuah karya secara komersial.

“Royalti itu imbalan jasa setelah melakukan pemanfaatan, tapi kalau tidak ada izin ya kena,” tegasnya.

By admin