JawaPos.com – Jalur lintas selatan (JLS) Jatim memang belum selesai 100 persen. Pembangunannya masih berlangsung. Meski demikian, sejumlah ruas jalan bernama lain jalur pantai selatan (pansela) itu sudah bisa dimanfaatkan saat masa mudik mendatang.

Sebab, sebagian ruas JLS di sejumlah daerah sudah tersambung. Selain sebagai jalur alternatif para pemudik, sejumlah ruas JLS bisa menjadi akses menuju sejumlah destinasi wisata untuk mengisi masa libur Lebaran.

Pacitan merupakan yang paling siap. JLS yang melintas di kabupaten tersebut sudah rampung 100 persen. Panjangnya mencapai 86,01 kilometer. Jalur itu sudah tersambung hingga ke Jawa Tengah.

’’Sehingga masyarakat yang mudik lewat akses pansela area Jateng bisa masuk langsung ke Pacitan,’’ kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jatim-Bali Ayu Pertimasari Sekar Handayani.

Selain Pacitan, ruas JLS di enam kabupaten lainnya juga sudah bisa dimanfaatkan. Misalnya, di Kabupaten Trenggalek, tepatnya di perbatasan Pacitan–Panggul, dengan panjang jalan 9,3 kilometer. Jalur itu sudah terhubung dengan jalur sirip atau lokal.

Sementara itu, di Kabupaten Tulungagung, JLS yang sudah terbangun adalah di perbatasan Trenggalek–Besuki sepanjang 12,91 kilometer serta Besuki–Besole sepanjang 4,85 kilometer. ’’Juga, sudah tersambung dengan jalan sirip,’’ paparnya.

Demikian pula di wilayah Blitar–Malang. Sejumlah ruas JLS sudah bisa dilintasi. Di antaranya, perbatasan Jolosutro-Kedung (15,44 kilometer), ruas Kedungsalam–Balekambang (18,06 kilometer), serta ruas Balekambang–Bajulmati (12,30 kilometer). Sebagian ruas JLS lain yang sudah bisa dimanfaatkan adalah di Jember, Lumajang, serta Banyuwangi.

Hingga Januari 2023, jalur pansela yang sudah terbangun di delapan kabupaten mencapai 349,37 kilometer. Jalan paling panjang adalah ruas JLS di Banyuwangi mencapai 87,2 kilometer. Disusul Pacitan.

Selain sudah terkoneksi dengan jalur lokal, sebagian ruas JLS terhubung dengan jalur wisata di selatan Jatim. BBPJN Jatim-Bali mencatat setidaknya ada 80 spot wisata yang tersebar di delapan kabupaten yang bisa diakses melalui pansela.

RUAS-RUAS JLS YANG BISA DILINTASI

– Ruas Pacitan: Ruas JLS di kabupaten ini sudah bisa diakses seluruhnya. Tersambung hingga ke pansela Jateng.

– Trenggalek: Ruas JLS di perbatasan Pacitan–Panggul.

– Tulungagung: Ruas perbatasan Trenggalek–Besuki dan ruas Besuki–Besole.

– Blitar: Ruas perbatasan Tulungagung–Bululawang dan ruas Tambakrejo–Pantai Serang.

– Malang: Ruas perbatasan Jolosutro–Kedung, ruas Kedungsalam–Balekambang, ruas Balekambang–Bajulmati.

– Lumajang: Ruas Jarit–Bago, Bago–perbatasan Jember.

– Jember: Ruas perbatasan Lumajang–Mayangan, ruas Mayangan–Puger.

By admin