JawaPos.com – Informasi penting bagi warga Jatim yang hendak mudik pada Lebaran tahun ini. Pemprov meluncurkan program mudik bareng gratis ke 20 kabupaten/kota tujuan.

Sebanyak 90 unit armada sudah disiapkan. Tak hanya jalur darat, mudik gratis rencananya juga disiapkan untuk pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan.

”Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim sudah melakukan sosialisasi. Pendaftaran untuk mengikuti mudik gratis mulai dibuka hari ini (27/3),” kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Adhy Karyono, Minggu.

Dia menjelaskan, ada sejumlah pertimbangan yang membuat pemprov kembali meluncurkan program mudik gratis. Pertama, antusiasme masyarakat Jatim untuk mudik terlihat cukup tinggi.

Karena itu, untuk menghindari potensi kemacetan di jalur-jalur mudik, pemerintah berupaya memfasilitasi mereka. ”Selain untuk menghindari kemacetan, mudik gratis ini untuk mendorong keamanan selama masa arus mudik dan balik Lebaran,” ujar mantan pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) itu.

Dia menambahkan, sejauh ini sudah ada 90 unit armada bus yang siap. Jumlah tersebut masih berpotensi bertambah. Bergantung jumlah peminat program mudik gratis. ”Karena itu, masyarakat silakan segera mendaftar. Syaratnya cukup mudah. Selain sudah vaksin booster, peserta hanya diminta mengumpulkan fotokopi KK dan KTP,” katanya.

Selain jalur darat, pemprov berencana membantu masyarakat yang ingin mudik via kapal laut. ”Ada ratusan tiket gratis ke Pulau Raas dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo,” ujarnya.

Berdasar prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada lima daerah yang menjadi titik awal keberangkatan pemudik. Provinsi Jatim menduduki ranking pertama. Diperkirakan ada 21,2 juta orang yang meninggalkan Jatim saat momen Lebaran.

Selain itu, diperkirakan ada 24,6 juta orang yang datang ke provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut.

RENCANA RUTE MUDIK GRATIS JATIM

– Titik awal keberangkatan: Surabaya

– Titik tujuan yang sudah dipastikan:

Bojonegoro, Malang-Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Magetan, Madiun, Ngawi, Pacitan, Jember-Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo-Banyuwangi, Sumenep, Tuban

– Rute lain sedang disiapkan oleh pemprov

By admin