JawaPos.com – Tengara bahwa sprint race bakal membawa dampak buruk bagi pembalap MotoGP terbukti.

Di seri edisi perdana tadi malam (25/3) WIB, sejumlah pembalap mengalami insiden kecelakaan saat bertarung sengit di sprint race perdana musim ini di Sirkuit Algarve, Portugal.

Yang paling parah adalah rider Ducati Enea Bastianini. Rider Italia tersebut harus dilarikan ke rumah sakit setelah terlibat tabrakan dengan sesama penunggang Ducati Luca Marini (VR46).

Setelah diperiksa, diketahui bahwa tulang belikatnya patah. Alhasil, dia tidak akan turun di balapan nanti malam, Minggu (26/3). Juga seri berikutnya di GP Argentina.

Foto kondisi terakhir Francesco Bagnaia setelah mengalami cedera patah tulang belikat akibat insiden di sprint race MotoGP Portugal. (Twitter).

Bukan hanya Bastianini, pembalap anyar Repsol Honda Joan Mir juga crash setelah bersenggolan dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Belum lagi ada Marco Bezzecchi (VR46) yang juga mengalami insiden.

Sebelumnya, Sporting Managing Director Dorna Carlos Ezpeleta sempat mengeluarkan pernyataan yang terkesan meremehkan terkait sprint race.

Dia menyebut bahwa sprint race adalah sekadar sesi latihan yang diubah formatnya dengan memberikan poin. Padahal dalam MotoGP satu poin pun bakal dikejar habis-habisan oleh pembalap.

Balapan yang berlangsung 12 lap tadi malam akhirnya dimenangi juara bertahan Francesco Bagnaia setelah berjibaku dengan sejumlah pembalap di barisan terdepan.

Dengan demikian, dia kini memimpin klasemen sementara dengan raihan 12 poin. ’’Ini adalah awal yang baik untuk mempertahankan gelar,’’ ujarnya dilansir Crash.

Jagoan Pramac Ducati Jorge Martin harus puas finis runner-up setelah disalip Bagnaia di lap terakhir. Di tempat ketiga ada Marc Marquez (Repsol Honda) yang tampil mengesankan setelah merebut pole position pada sesi kualifikasi.

Juara dunia MotoGP enam kali itu membukukan catatan waktu 1 menit 37,266 detik. Torehan tersebut tak hanya membuat Marquez mendapat posisi start terdepan, tapi juga membukukan rekor lap baru di Portimao.

Hasil ini sekaligus membuat juara dunia tahun lalu Francesco Bagnaia harus puas hanya meraih posisi start kedua. Pecco –sapaan akrab Bagnaia– membukukan catatan waktu terpaut 0,064 detik dari Marquez.

Start dari posisi ketiga adalah pembalap Pramac Ducati Jorge Martin. Dia membuat catatan waktu 0,228 detik dari Marquez.

Bukan hanya fans MotoGP yang terkejut melihat performa Repsol Honda ini. Marquez sendiri bahkan juga mengaku terkejut. Dia tidak menyangka bisa mendapatkan pole di balapan pertama musim ini.

’’Aku tidak dapat menjelaskan karena aku sendiri tidak tahu situasinya. Kemarin kami masih kesulitan. Tapi, hari ini aku memulai semuanya dengan sangat baik,” ucap Marquez dilansir Crash.

”Tim bekerja dengan sangat baik untuk memperbaiki detail-detail kecil pada motorku.”

 

 

By admin