Bagi Hong Tae-ra, tak ada jalan lain selain membalaskan dendam. Hidupnya yang sempurna mendadak hancur. Identitasnya berubah drastis. Namun, kepada siapa Tae-ra harus membalaskan dendamnya?

HIDUP Hong Tae-ra (Lee Ji-ah) adalah gambaran ideal bagi banyak orang. Dia merupakan istri Pyo Jae-hyun (Lee Sang-yoon), bos perusahaan IT Hatch yang difavoritkan menjadi calon presiden Korea. Dia juga dikaruniai Ji-woo (Kim Si-woo), putri cantik yang cerdas dan menggemaskan. Lingkaran Tae-ra juga berisi orang-orang dengan gambaran hidup ideal.

Dia bertetangga dengan pasangan Jang Do-jin (Park Ki-woong) dan Go Hae-soo (Jang Hee-jin). Do-jin merupakan seorang keturunan chaebol dan pemilik Hatch. Sementara, istrinya adalah putri mantan presiden yang kini bekerja sebagai news anchor. Di antara mereka, ada Hong Yoo-ra (Han Soo-yeon), kakak Tae-ra yang bekerja sebagai desainer, serta ilmuwan Hatch Gu Sung-chan (Bong Tae-gyu).

Namun, hidup sempurna mereka begitu rapuh. Tiba-tiba, Hatch kehilangan Red, simpanse yang merupakan aset penting untuk riset cip berkemampuan AI. Tae-ra mengalami gegar otak ringan yang memancing memori masa lalunya mencuat. Hae-soo mendapat surat kaleng dari pembunuh ayahnya. Lingkaran nyaman itu perlahan hancur.

Berbeda dengan tipikal drama balas dendam, tak ada kematian di pembuka Pandora: Beneath the Paradise. Episode pertama justru cukup ruwet: banyak hal yang terjadi, banyak tokoh yang diungkap, bahkan identitas asli sang lakon dikuak. Semuanya lantas dibayar dengan aksi laga dan banyaknya teka-teki di episode-episode setelahnya.

Layaknya kotak pandora, drama baru tvN-Disney+ itu punya potensi kejutan yang tak terduga. Serial makjang tersebut nyaris tak memiliki karakter yang bisa dipercaya. Penonton pun terus dibawa penasaran dengan alur cepat. Meski demikian, hingga episode lima, Pandora tidak (atau belum) membuat penonton julid karena perkembangan cerita dan karakter yang sangat dramatis.

Sutradara Choi Yeong-hun menyatakan, kekuatan dramanya ada di sang kreator, Kim Soon-ok, yang melejit lewat serial makjang ikonik The Penthouse. ”Tanpa perlu dikenalkan lagi, dia menciptakan genre sendiri: serial bertempo cepat dan dramatis,” paparnya di konferensi pers pada awal Maret.

Menurut Yeong-hun, banyak scene yang dieksekusi dengan estetis. ”Favoritku adalah adegan yang menampilkan cermin. Cermin menjadi kunci di cerita ini karena benda itu ada ketika ingatan Tae-ra pulih, di twist di episode ke-16 dan twist terbesar di akhir drama,” ungkap sutradara One the Woman tersebut. Dia juga puas dengan rangkaian adegan laga di Pandora.

Sementara itu, para cast sepakat tokoh-tokoh di serial tersebut punya sikap yang kontradiktif. Hubungan para tokohnya pun tak tertebak. Lee Ji-ah, pemeran Hong Tae-ra/No. 50, menilai hal itu menjadi tantangan dalam mendalami peran. ”Seiring dengan kembalinya memori Tae-ra, gejolak emosinya makin intens. Aku fokus menampilkan perubahan itu,” ujarnya.

Lee Sang-yoon merasa karakternya punya range emosi terluas jika dibandingkan dengan peran-perannya terdahulu. Sang-yoon mengakui, memerankan sisi Pyo Jae-hyun sebagai family man yang hangat relatif familier buatnya. ”Tapi, saat harus menampilkan sisi pemarah dan ambisiusnya, aku banyak berdiskusi dengan sutradara agar penggambarannya tepat,” katanya.

Bong Tae-gyu menjelaskan, pembeda Pandora dengan drama serupa adalah banyaknya ”cerita tersembunyi.” ”Kurasa, semua cast akan setuju dengan hal itu. Banyak adegan dan dialog yang menyimpan petunjuk-petunjuk,” tutur pemeran Gu Sung-chan tersebut.

Para cast menilai, teka-teki tersebut bakal menarik buat fans untuk menebak latar belakang setiap tokoh.

– Pandora didukung cast dari kalangan idol. Hong Tae-ra versi muda diperankan Chaerin, personel girlband Cherry Bullet. Sementara, bodyguard Tae-ra, Cha Pil-seung, diperankan alumnus Produce 101 Season 2 Kwon Hyun-bin.

– Para cast menilai, teknik pengambilan gambar Pandora terbilang jarang digunakan di produksi drama Korea.

– Untuk peran Hong Tae-ra, Ji-ah membentuk otot dan menurunkan berat badan hingga 5–6 kg jika dibandingkan saat membintangi The Penthouse.

– Para trio Hatch sering nongkrong hingga tengah malam. Tae-gyu bahkan pernah ditelepon istrinya lantaran belum pulang hingga pukul 04.00.

PANDORA: BENEATH THE PARADISE

Rating sensor: 17+

Sutradara: Choi Yeong-hun

Penulis naskah: Hyun Ji-min, Kim Soon-ok

Penayangan: tvN, Disney+

Pemeran: Lee Ji-ah, Lee Sang-yoon, Jang Hee-jin, Park Ki-woong, Bong Tae-gyu

AsianWiki: 86%

IMDb: 8,3

By admin