JawaPos.comSprint race perdana MotoGP 2023 di Sirkuit Portimao berlangsung sengit sejak awal.

Juara bertahan Francesco Bagnaia berhasil merebut kemenangan pertama di balapan yang berlangsung Sabtu malam (25/3) WIB.

Balapan diawali dengan manuver agresif Enea Bastianini (Ducati) yang merangsek ke posisi kedua meski start dari P6. Namun, dia kehilangan momen di tikungan kedua dan kehilangan posisinya

Joan Mir (Repsol Honda) mengalami crash usai bersenggolan dengan Fabio Quartararo (Yamaha).

Memasuki lap 2 Bagnaia menyalip Marc Marquez, yang start dari pole di trek lurus panjang dan merebut posisi terdepan.

Di lap yang sama terjadi insiden tabrakan antara Luca Marini dan Enea Bastianini. Marini berupaya menyalip dari dalam tikungan namun terlalu sempit.

Memasuki lap ketiga Jorge Martin (Pramac) sukses menyalip Bagnaia di trek lurus. Dia merebut posisi terdepan. Sedangkan, Marco Bezzecchi out dari balapan akibat crash.

Di lap keempat posisi Marquez semakin tertekan setelah dilewati Jack Miller (KTM) dan Miguel Oliveira (Tech3) sekaligus.

Setelah itu Miller semakin menggila. Dia merebut posisi kedua dari Bagnaia di lap kelima.

Pada lap berikutnya, Miller sudah merebut posisi terdepan menyalip Martin. Meski itu tak berlangsung lama. Karena Martin kembali menyalipnya beberapa tikungan setelahnya.

Tiga lap sebelumnya finis, Bagnaia kembali merebut posisi kedua dari Miller.

Lap 11 Marquez memanfaatkan kesalahan Oliveira yang berupaya menyalip Miller. Dia berhasil menyalip keduanya dan mengamankan posisi ketiga.

Namun Oliverira kembali menyalipnya di lap berikutnya. Sayangnya, dia melebar hanya beberapa tikungan sebelumnya finis.

Bagnaia berhasil merebut posisi terdepan dari Martin di lap terakhir dan memenangi sprint perdana di 2023. Martin di posisi kedua dan Marc Marquez finis di posisi ketiga.

 

 

By admin