JawaPos.com – Pada bulan Ramadan, umat Islam diharukan dapat menahan diri dari hawa nafsu tidak makan dan tidak minum pada siang hari selama berpuasa. Salah satu hikmah puasa adalah mengajarkan umat Islam untuk tidak terlalu konsumtif.

Namun nyatanya aktivitas menahan diri tidak dengan mudah dapat diwujudkan mengingat banyak orang tetap konsumtif.. Karena masih banyak orang membeli atau membuat bermacam makanan untuk tujuan dimakan pada saat berbuka puasa.

Pada kenyataannya, banyak yang justru sudah kenyang hanya dengan mencicipi satu atau dua macam makanan. Sementara makanan sisanya, terkadang mubadzir atau tidak terlalu membawa kemanfaatan.

Hal itu yang sempat dialami aktor Vino G. Bastian dalam Ramadan-ramadan sebelumnya. Oleh karena itu, dia pun memutuskan untuk berhemat pada bulan Ramadan tahun ini.

“Tahun ini kayaknya harus lebih berhemat. Kita kadang semua makanan harus ada, pas buka nggak kemakan malah dibuang-buangin,” kata Vino G. Bastian di bilangan Epicentrum Rasuna Said Jakarta Selatan.

Vino sendiri merasa menu makanan yang tersedia di rumah yang memang diinginkan saja tidak perlu terlalu banyak menu. Dan sebisa mungkin, dia mengupayakan melaksanakan ibadah sahur dan buka puasa di rumah bersama keluarga.

“Kalau sahur sudah pasti sama keluarga, tapi kalau buka kadang di luar rumah kalau misalnya lagi ada pekerjaan. Kalau nggak ada kerjaan juga buka puasanya di rumah,” paparnya.

Terkait aktivitas olahraga, Vino G. Bastian menegaskan tidak akan menghentikanya sekalipun sedang berpuasa. “Harusnya masih tetap olahraga ya. Tahun lalu masih aktif sepedaan, tapi tahun ini kita lihat dulu agenda promosi film,” tuturnya.

By admin