JawaPos.com – Polda Metro Jaya membolehkan kegiatan sahur bersama selama Ramadan 1444 hijriah atau 2023. Dengan catatan, kegiatan sahur ini dilaksanakan di rumah ibadah, bukan di jalanan.

“Jadi kegiatan-kegiatan ini silakan dilakukan kalau pemaknaannya adalah ibadah dengan khusuk,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu (18/3).

Trunoyudo mengatakan, polisi akan memfasilitasi kegiatan agama, berupa memberikan pengamanan. Asalkan, kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat ibadah sesuai peruntukannya.

“Kita fasilitasi dengan ketentuan di tempat-tempat ibadah yang memang sebagaimana pemanfaatannya sehingga ini juga bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Di sisi lain, Trunoyudo memstikan kondisi jelang Ramadan di DKI Jakarta dan sekitarnya terbilang kondusif. Dia berharap kondisi ini bertahan sampai seterusnya.

“Kami perlu menyampaikan, situasi sampai dengan menjelang Ramadan ini, situasi khusus di wilayah hukum Polda Metro Jaya, baik DKI Jakarta maupun Depok, Bekasi, dan Tangerang saat ini situasi dalam keadaan kondisi aman dan kondusif,” kata Trunoyudo.

Trunoyudo mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari perbuatan yang menimbulkan gangguan ketertiban maupun keamanan. Misalnya, menyalakan petasan, melakukan konvoi atau arak-arakan.

“Kami meminta jangan memicu sesuatu yang berpotensi justru menjadi kegiatan yang tidak produktif. Kita hargai, jadikan Jakarta sebagai rumah bersama,” pungkasnya.

By admin