JawaPos.com – Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk mengikuti Pemusatan Latihan (TC) timnas U-20 di Jakarta dan Korea Selatan. Jumlah pemain ini masih akan mengecil sebelum Garuda Nusantara tampil di Piala Dunia U-20.

Nama-nama yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu sebenarnya tak asing lagi, karena mayoritas didominasi pemain yang pernah membela Garuda Nusantara di Piala Asia U-20 2023 di Uzbeksitan.

Namun, nama Zanadin Fariz akhirnya dicoret dari skuad. Dia mengalami cedera pada mini turnamen saat menjalani persiapan ke Uzbekistan. Shin Tae-yong pun menggantinya dengan memanggil Made Tito dari Bali United.

Marselino Ferdinan juga dipanggil setelah fokus mempersiapkan debut di Liga Belgia bersama KMSK Deinze.

Sementara pemain keturunan yang masih menjalani proses naturalisasi, yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner juga akan bergabung dalam TC kali ini.

Mereka masuk karena proses naturalisasi dipercaya rampung secepatnya, setidaknya mereka akan berstatus sebagai WNI sebelum mengikuti Piala Dunia U-20 yang digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Khusus bagi Hubner, pemanggilan ini memastikan bahwa pemain Wolverhampton Wanderers U-20 itu lebih membela timnas Indonesia ketimbang memenuhi panggilan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk tampil di timnas Belanda U-20.

Hubner sebelumnya mendapat panggilan dari KNVB dalam persiapan timnas Belanda U-20 menghadapi laga persahabatan kontra Prancis di Marbella, Spanyol, pada 25 Maret ini.

Sementara Asisten Pelatih Nova Arianto membeberkan bahwa pemain yang akan menjalani TC dijadwalkan akan bertolak ke Korsel bulan depan. “Kalau untuk berangkat ke Korea Selatan itu rencananya awal bulan (April 2023),” ujar Nova.

Nova juga menjelaskan skuad yang dipanggil ini akan berkumpul pada 20 Maret ini. Mereka lebih dulu TC di Jakarta sebelum terbang ke Korsel. “Tanggal 20 Maret ini semua pemain harus kembali ke tim nasional,” kata Nova.

29 Pemain yang TC di Jakarta dan Korsel

Kiper

Cahya Supriadi

Daffa Fasya

Aditya Arya

Bek

Kakang Rudianto

Muhammad Ferarri

Brandon Schunemann

Sulthan Zaky

Frengky Missa

Justin Hubner

Kadek Arel

Gelandang

Marselino Ferdinan

Doni Tri Pamungkas

Resa Aditya

Dimas Juliono

Achmad Maulana

Arkhan Fikri

Ivar Jenner

I Made Tito

Robi Darwis

Striker

Hokky Caraka

Ronaldo Kwateh

Dzaky Asraf

Hugo Samir

Rabbani Tasnim

Alfriyanto Nico

Ginanjar Wahyu

Rafael Struick

Arkhan Kaka

Victor Dethan

By admin