JawaPos.com – Lesia Tsurenko tidak bisa berfokus dalam laga melawan Donna Vekic. Itulah yang terjadi saat dia tampil di babak 64 besar Indian Wells Sabtu (11/3).

Dia dihinggapi rasa cemas. Beruntung, petenis asal Ukraina tersebut berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan 2-6, 6-2, 6-2.

”Ketika berada di lapangan, saya mengalami serangan panik. Saya hancur secara mental,” kata Tsurenko sebagaimana yang diberitakan The Guardian.

Petenis 33 tahun itu akhirnya memilih mengundurkan diri ketika memasuki babak 32 besar. Alasan resminya adalah ”masalah personal”.

Namun, belakangan Tsurenko mengungkapkan bahwa keputusan itu diambil karena dirinya terkejut dengan jawaban CEO WTA Steve Simon soal invasi Rusia ke negaranya.

”Dia mengatakan kepada saya bahwa dia tidak mendukung perang. Tapi, jika pemain Rusia dan Belarus mendukungnya, itu adalah pendapat mereka dan (dia berkata, Red) pendapat orang lain tidak boleh membuat saya kesal,” ujar Tsurenko.

Tsurenko sebenarnya dijadwalkan menghadapi petenis Belarus Aryna Sabalenka di babak 32 besar. Namun, dia tidak menyebut Sabalenka sebagai alasan utamanya mengundurkan diri.

Dia kembali mengungkapkan kekecewaannya kepada Simon. ”Setiap orang terkejut (dengan pernyataan Simon),” tegas Tsurenko.

”Kami meminta ada sebuah pertemuan dengan Dewan Direksi WTA untuk mempertanyakan bagaimana orang seperti Steve Simon bisa jadi pemimpin di WTA.”

By admin