JawaPos.com–Keikutsertaan tim nasional Israel U-20 dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi perhatian Majelis Ulama Indonesia (MUI). Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum MUI KH Dr Marsudi Syuhud tidak mau terburu-buru mengambil sikap.

”Kita ingin mendengar terlebih dahulu penjelasan dari menteri luar negeri seperti apa. Pemerintah Indonesia harus menjelaskan posisi Indonesia terhadap keikutsertaan timnas Israel U-20,” ujar KH Marsudi lewat keterangan tertulisnya Senin (13/3).

KH Marsudi menambahkan, Selain menteri luar negeri, MUI juga ingin mendengar keterangan dari Menko Polhukam Mahfud MD. Sebab, selain merupakan ahli hukum, MUI meyakini Mahfud bisa memberikan pandangan yang luas dari sisi hukum.

Selain itu, lanjut dia, MUI juga ingin mendengar penjelasan dari Menpora dan PSSI sebagai penyelenggara kejuaraan. ”Kami ingin tahu aturan penyelenggaraannya seperti apa dan persiapannya bagaimana,” ucap KH Marsudi.

MUI juga akan melihat pandangan dari ormas-ormas Islam yang bergabung dalam MUI. Saat ini, ungkap KH Marsudi, di MUI terdapat sekitar 77 ormas.

Rencananya, MUI mengundang berbagai pihak dalam sebuah forum bersama. Sebelum mendengarkan pandangan pihak-pihak terkait, MUI tidak mau terburu-buru mengambil sikap.

By admin