JawaPos.com – BLACKPINK resmi menjadi grup perempuan yang paling banyak didengarkan di Spotify. Dalam pengumuman Guinness World Records pada Rabu (8/3), pelantun Pink Venom itu mencatat total 8,88 miliar kali streaming. Capaian tersebut membuat mereka menggeser Little Mix. Girlband asal Inggris tersebut memiliki jumlah streaming 8 miliar.

Catatan fantastis BLACKPINK tidak terlepas dari banyaknya hit mereka. ’’Penyumbang’’ angka streaming terbesar tersebut, antara lain, How You Like That (746,2 juta stream), Kill This Love (672,1 juta stream), dan DDU-DU DDU-DU (574,6 juta stream). Meski demikian, rekor dunia itu bukan yang pertama buat girlband yang akan tampil di Stadion Utama GBK, Jakarta, besok dan lusa tersebut.

Di laman resmi Guinness World Records, BLACKPINK tercatat telah memiliki tiga rekor. Yakni, grup dengan jumlah subscriber terbanyak di YouTube serta grup K-pop perempuan pertama yang memuncaki chart album di Inggris dan Amerika Serikat. Kuartet beranggota Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa itu juga tercatat memiliki beberapa rekor individu.

Pada awal tahun ini, Lisa memborong tiga rekor sekaligus. Lewat debut solo LALISA, maknae –alias anggota termuda– BLACKPINK itu memecahkan rekor view video YouTube terbanyak di 24 jam pertama oleh musisi solo. Rekor lainnya disumbang lewat kemenangannya di MTV Video Music Awards dan MTV Europe Music Awards tahun lalu. Sementara itu, Rose menjadi solois K-pop pertama yang mampu memuncaki chart Billboard Global pada 2021.

Di awal pekan ini, Jisoo juga punya catatan impresif jelang debut solonya. Di laman KTown4U, jumlah prapesan albumnya melebihi 100 ribu eksemplar dalam waktu kurang dari sembilan jam. Sebelumnya, tidak ada solois yang mencatat preorder lebih dari 100 ribu, bahkan di 24 jam pertama pasca pembukaan pemesanan.

Merujuk data per 7 Maret lalu, prapesan album Jisoo di 24 jam pertama mencapai 159.846. Angka itu lebih dari album grupnya BLACKPINK dengan BORN PINK (142 ribu) maupun album STICKER milik NCT 127 (139.500). Kemarin (9/3) pihak agensi YG Entertainment juga mengumumkan detail album baru Jisoo. Album yang rilis pada 31 Maret itu bakal bertitel ME. (fam/c12/ayi)

By admin