JawaPos.com – Hal yang sering menjadi masalah dari pengguna WhatsApp adalah nomor telepon pembuatnya selalu terlihat. Artinya siapa pun yang menjadi bagian dari komunitas dapat menghubungi pembuatnya, bahkan tanpa alasan yang sah.

Ini bisa menjadi masalah serius, karena memungkinkan siapa saja memanggil nomor tersebut terlepas dari apakah mereka memiliki izin untuk melakukannya. Namun, fitur baru yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp akan memungkinkan pengguna untuk memilih untuk membungkam panggilan dari nomor tak dikenal.

WhatsApp saat ini dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk Android versi beta. Dengan fitur baru ini akan memungkinkan pengguna untuk membungkam panggilan dari nomor tak dikenal sambil tetap menampilkannya di daftar panggilan dan pusat notifikasi.

Dilansir dari WABetaInfo, fitur ini merupakan tambahan fitur keselamatan yang akan datang untuk aplikasi perpesanan instan tersebut. Karena ini akan mengurangi gangguan secara signifikan dan dapat membantu mencegah panggilan spam.

Menurut Wabetainfo, toggle untuk fitur ini akan terletak di pengaturan aplikasi, dan setelah diaktifkan, panggilan dari nomor tak dikenal akan selalu dibungkam, namun tetap akan ditampilkan di daftar panggilan dan pusat notifikasi.

Artinya, pengguna akan tetap mengetahui adanya panggilan tak terjawab dari nomor tak dikenal. Tapi mereka tidak akan diganggu oleh mereka.

Salah satu manfaat dari fitur baru ini adalah dapat secara signifikan mengurangi jumlah panggilan spam yang diterima pengguna. Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, panggilan spam telah menjadi masalah yang berkembang.

Dengan penipu melakukan panggilan dalam upaya untuk mencuri informasi pribadi, atau mengelabui orang agar melakukan pembayaran atau memberikan data sensitif, fitur yang sedang dikembangkan ini jelas sangat berguna.

Untuk mendapatkan perkiraan prevalensi masalah ini, jajak pendapat dibagikan di Twitter menanyakan pengguna apakah mereka pernah menerima panggilan spam di WhatsApp. Hasilnya menunjukkan bahwa memang banyak pengguna yang menerima panggilan spam.

Melihat hal tersebut, WhatsApp akhirnya merasa perlu untuk merilis fitur yang dapat membantu mencegah jenis panggilan ini menjangkau pengguna. Kapan dirilis resmi? Kita tunggu saja.

By admin