JawaPos.com – Madura United datang ke Semarang dengan kondisi tidak ideal. Laskar Sape Kerrap belum pernah menang dalam empat laga beruntun. Belum lagi mereka baru saja ditinggal sang pelatih, Fabio Lefundes.

Tapi, modal buruk itu tidak lantas membuat Madura United keder kala menantang PSIS Semarang di Stadion Jatidiri, Semarang (live Indosiar pukul 15.00 WIB). Justru PSIS mewaspadai kebangkitan Laskar Sape Kerrap.

’’Karena Madura United memiliki pemain dengan individual bagus. Banyak pemain berpengalaman,’’ kata pelatih PSIS Gilbert Agius.

Soal tanpa pelatih, Agius memastikan itu bukan sebuah keuntungan. Toh, Madura United memiliki Rahmad Basuki yang jadi karteker. Apalagi, tren karteker musim ini terbilang bagus. Pelatih sementara di Liga 1 2022–2023 justru mampu memberikan hasil maksimal. Seperti Agus Sugeng yang mampu membawa Bhayangkara FC meraih tren positif.

Muhammad Ridwan juga pernah membawa PSIS bangkit sebelum kedatangan Agius. ’’Karena itu, saya meminta pemain untuk fokus ke tim sendiri. Kami harus menampilkan performa terbaik kami, sehingga bisa meraih hasil maksimal dan sesuai yang diharapkan,’’ beber pelatih asal Malta tersebut.

Di sisi lain, Rahmad Basuki memilih realistis. Dia tahu statistik karteker di Liga 1 musim ini cukup oke. Tapi, dia mengaku persiapan untuk laga melawan PSIS sangat minim. ’’Apa yang bisa saya lakukan dalam dua hari saja? Saya hanya meneruskan apa yang sudah dilakukan coach Lefundes. Kami pertahankan, meski ada beberapa perbaikan,’’ beber Rahmad.

Beruntung, PSIS tidak bisa tampil full team. Empat pemain dipastikan menepi akibat cedera. Mereka adalah Carlos Fortes, Vitinho, Hari Nur, dan Wahyu Prasetyo. Agius tidak terlalu memusingkan hal itu. Apalagi, laga nanti sudah bisa dihadiri oleh suporter. ’’Kehadiran suporter bisa memberikan energi lebih dan meningkatkan performa pemain,’’ beber Agius.

Meski begitu, Rahmad Basuki meminta anak asuhnya tidak terkecoh. Dia menganggap PSIS tetap kuat meski tanpa diperkuat empat pemain utama.

PERKIRAAN PEMAIN

PSIS Semarang (4-3-3): 96-Ray Redondo (g); 46-Fredyan Wayhu (c), 19-Alfeandra Dewangga, 29-Taufik Hidayat, 27-Meru Kimura; 71-Luthfi Kamal, 26-Ryo Fuji, 14-Riyan Ardiansyah; 23-Wawan Febrianto, 99-Rizky Dwi, 7-Taisei Marukawa; Pelatih: Gilbert Agius

Madura United (4-3-3): 21-Rendy Oscario (g); 26-Novan Sasongko, 4-Cleberson, 19-Fachruddin Aryanto (c), 3-Reva Adi; 10-Slamet Nurcahyo, 35-Zulfiandi, 50-Hugo Gomes; 77-Malik Risaldi, 9-Alberto Goncalves, 11-Lulinha; Pelatih: Rahmad Basuki

Venue: Stadion Jatidiri, Semarang

Live: Indosiar pukul 15.00 WIB

By admin