JawaPos.com – Justin Hubner dipanggil mengikuti Pemusatan Latihan (TC) timnas Belanda U-20. Pemanggilan itu sempat membuat fans sepak bola Indonesia geram, walau mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, memberi angin segar.

Hubner, gelandang Wolverhampton Wanderers U-21, memang menjadi rebutan antara timnas Indonesia dan Belanda. Hubner mendapat panggilan federasi sepak bola Belanda, tapi dirinya juga menjalani proses naturalisasi sebagai warga negara Indonesia di sisi lainnya.

PSSI tentunya tak tinggal diam menyikapi pemanggilan Hubner oleh federasi Belanda itu, apalagi Hubner masuk dalam proyeksi Shin Tae-yong dalam memperkuat skuad timnas Indonesia U-20 menghadapi Piala Dunia U-20 2023. Selain Hubner, Shin Tae-yong juga siap memberikan tempat kepada Ivar Jenner dan Rafael Struick. Nama ketiganya saat ini masih dalam tahap proses naturalisasi. Mereka masih tertahan di DPR.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memastikan bahwa saat ini proses naturalisasi Justin Hubner masih terus berjalan. “Dia (Justin Hubner) tahu sendiri ya dia lagi proses, sebentar lagi kan hanya nunggu DPR,” tutur Zainudin Amali.

Namun, dia belum mendapat kabar jika Hubner mendapat pemanggilan membela skuad Belanda U-20. “Setelah kami mendapatkan informasi clear baru saya akan komentari,” sambung pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI itu.

Sementara mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengaku tidak heran apabila Hubner mulai dilirik oleh Belanda. Pemain berusia 19 tahun itu memang dianggap salah satu pemain dengan prospek yang cukup bagus.

“Pemanggilan Justin Hubner ke timnas U-20 Belanda pertanda kualitas pemain ini bagus,” kata Hasani Abdughani dikutip dari Instagram pribadinya.

Akan tetapi, Hasani menilai pecinta sepak bola Indonesia tidak perlu terlalu khawatir. Hasani mengatakan bahwa Justin Hubner saat ini masih memprioritaskan timnas Indonesia. “Menurut kolega saya di Belanda, Hubner lebih memilih membela timnas Indonesia,” ujarnya.

By admin