JawaPos.com – Persija Jakarta seharusnya menjamu Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Sabtu (4/3) sore lusa. Tapi, pertandingan tersebut dipastikan tidak terlaksana.

Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, kepolisian tidak menurunkan izin karena SUGBK sedang disiapkan untuk pertunjukan musik girlband Korea Blackpink. Bahkan, panggung musik sudah berdiri kokoh di depan tribun barat SUGBK.

”Alasannya karena SUGBK sudah di-booking oleh panitia penyelenggara pertunjukan musik Korea Blackpink. Mereka sudah membangun panggung,” ujar Trunoyudo dalam keterangannya kemarin.

Persija sebenarnya membidik Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat, sebagai venue alternatif untuk menggelar pertandingan melawan Maung Bandung –julukan Persib. Tapi, pihak keamanan setempat juga tidak mengeluarkan izin.

Persija pun langsung membuat pengajuan permohonan penjadwalan ulang kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dan, operator kompetisi itu secara tertulis memastikan pertandingan Macan Kemayoran melawan Persib ditunda.

”PT LIB menyampaikan status pertandingan antara Persija melawan Persib yang sedianya dilaksanakan pada 4 Maret pukul 15.00 WIB ditunda dan akan dijadwalkan kembali. Jadwal pertandingan yang baru akan disampaikan melalui surat terpisah,” kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno.

Sementara itu, rekomendasi Polda Jawa Timur untuk menunda jadwal pertandingan antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC akhirnya dijawab PT LIB. Kemarin (1/3) operator Liga 1 itu resmi menunda pertandingan yang seharusnya dimainkan pada 5 Maret.

Selain rekomendasi Polda Jatim, ada beberapa pertimbangan yang akhirnya membuat laga ditunda. Pertama, tidak ada izin pemakaian Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, oleh dispora setempat. Kemudian, usaha panpel Persebaya yang ingin memindahkan laga ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, juga tidak mendapat jawaban dari PSSI.

Direktur Utama LIB Ferry Paulus mengatakan, setelah mendapat surat terkait beberapa pertimbangan tersebut, pihaknya langsung mengadakan rapat. Baru kemarin diputuskan laga Persebaya melawan Arema FC ditunda dan akan dijadwal ulang. ”Penentuan tanggal pertandingan berikutnya akan kami informasikan kemudian,” tegasnya.

Dengan penundaan itu, total Persebaya punya tiga laga tunda. Dua di antaranya berstatus kandang. Yakni, melawan Persikabo 1973 dan Arema FC. Sisanya adalah laga tandang melawan PSIS Semarang.

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri menerangkan, surat dari LIB sudah diterima kemarin sore. Dia berharap ke depan PSSI dan LIB bisa lebih bertanggung jawab soal pertandingan. Sebab, di laga melawan Arema FC, PSSI maupun LIB seakan lepas tangan. Karena alasan itulah, Persebaya berinisiatif untuk mengirimkan surat permintaan penundaan.

Laga berstatus high-risk, sedangkan Alwi Slamat dkk tidak bisa memakai Stadion GBT karena PSSI belum membalas surat Persebaya untuk izin pemakaian. ”Karena kalau kami memakai stadion dengan akreditasi rendah, terlalu berisiko. Kecuali ada yang mau bertanggung jawab. Kami sudah berhitung kalau dilakukan di stadion akreditasi rendah, akan sangat berbahaya,” paparnya.

DAFTAR LAGA TUNDA LIGA 1 2022–2023

PEKAN 28

Persija vs Persib

Persebaya vs Arema FC

PEKAN 23

Persita vs Persija

PSIS vs Persebaya

PEKAN 21

Arema FC vs Bali United

PEKAN 20

Barito Putera vs PSIS

PEKAN 18

Arema FC vs Borneo FC

Persik vs Persita

Persib vs Bhayangkara FC

Persebaya Vs Persikabo 1973

By admin