JawaPos.com – Perangkat teknologi bikinan Apple terbilang mahal dan itu sudah menjadi rahasia umum. Beberapa menawarkan performa diatas rata-rata, misalnya iPhone. Namun, perangkat lainnya juga ada yang kalah dibandingkan dengan para kompetitornya. Perangkat tersebut yakni komputer Mac.

Mac juga mahal. Selalu lebih tinggi harganya jika dibandingkan dengan perangkat PC lainnya dari rival-rival Apple. Hanya saja, mahal tak selalu jadi jaminan kalau sebuah barang selalu lebih baik. Ini terbukti di Mac Apple.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan TechCrunch, pejabat Apple bahkan mengakui bahwa Mac bikinan mereka payah kalau untuk urusan gaming. Pejabat Apple menyebut kalau masih ada jalan panjang sehubungan dengan bermain game di Mac-nya.

Selain itu, MacWorld membagikan pandangan ini. Mereka mengklaim bahwa meskipun Mac cukup baik, dalam kapabilitas gamimg masih jauh di bawah rata-rata dan bahkan paling menjengkelkan. Ada banyak area yang perlu dikerjakan Apple jika ingin menarik para gamer.

Di situs web resmi Apple Mac Mini, deskripsi kapasitas permainannya mencerminkan standar Apple. Agak berlebihan walau tak sesuai ekspektasi. “Kinerja pemrosesan grafis yang luar biasa dari M2 atau M2 Pro memungkinkan Anda memainkan mahakarya game 3A yang intensif grafis seperti “Pascal’s Contract” dan menikmati kehalusan. Frame rate tinggi dan gambar fidelitas tinggi,” jelas perusahaan.

Di sisi lain, MacWorld membayar USD 1.800 atau setara dengan Rp 27 jutaan untuk Mac Mini baru dengan chip M2 Pro. Perangkat ini dilengkapi dengan RAM 16 GB dan SSD 1 TB yang digunakan untuk penelitian.

Mac Mini ini dapat mengoperasikan sebagian besar game AAA. Frame rate game yang diuji berkisar antara 70 hingga 120 frame per detik saat dimainkan dalam pengaturan Prioritize Graphics dengan resolusi 1080 piksel.

Dilansir via ITHome, performa dapat ditingkatkan sekitar 30 persen setelah mengaktifkan fitur MetalFX Upscaling dalam mode Kualitas. Bahkan dalam mode Prioritaskan Grafik, Anda dapat menaikkan resolusi menjadi 4K dan menghasilkan 40–60 bingkai per detik.

Hal ini berarti meski Apple Mac bisa memainkan game dengan cukup baik, PC Windows masih jauh diatasnya bahkan dengan harga yang bahkan dibawah Mac Apple. Selain itu, untuk Mac, selain harga yang mahal dan kinerjanya yang pas-pasan, pilihan gamenya juga jauh lebih sedikit.

Perancang chip Apple , Tim Miller, mengakui bahwa chip Mac saat ini memiliki “celah permainan”. Dia mengklaim bahwa dari pada mengatakan “Mac adalah platform game yang luar biasa” dalam iklannya, Apple justru akan terus meningkatkan kemampuan game Apple Silicon.

Laporan Survei Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Steam Januari 2023 baru saja dipublikasikan oleh Valve. Dari segi sistem operasi, persentase pengguna Linux tetap konstan, sedangkan persentase pengguna macOS telah naik sebesar 0,13 poin persentase dibandingkan bulan sebelumnya, dengan pangsa saat ini sebesar 2,61 persen.

By admin