JawaPos.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) memberikan bantuan untuk keluarga Stunting dan Ibu Hamil sebanyak 145 paket di wilayah Kabupaten Gresik, Selasa (21/02/2023). Program SIG Peduli Stunting juga diwujudkan dengan memberikan bantuan Nutrisi Sehat kepada anak-anak penyandang stunting meliputi 6.570 paket yang diberikan kepada 73 anak selama 90 hari.

General Manager of Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SIG Edy Saraya mengatakan, sejumlah yang dilakukan perusahaan bersama Pemerintah Kabupaten Gresik dan masyarakat diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi terjadinya stunting.

“Kita mendukung pemerintah dalam memerangi stunting yang terus dilakukan pemerintah dengan memberikan bantuan kepada keluarga stunting,” kata Edy Saraya.

Dalam kegiatan Program SIG Peduli Stunting, SIG juga melibatkan Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG) dan Puskesmas Kebomas untuk memonitoring kesehatan anak-anak dan Ibu hamil. Pararel dengan program bantuan, orang tua anak–anak stunting dan ibu hamil di wiayah Kecamatan Kebomas diberi pengetahuan melalui ‘Dialog interaktif kesehatan anak dan ibu hamil’.

Acara penyerahan bantuan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) untuk keluarga Stunting dan Ibu Hamil sebanyak 145 paket di wilayah Kabupaten Gresik, Selasa (21/02/2023). (SIG untuk JawaPos.com)

Harapannya, kesehatan anak-anak bisa terus diawasi, agar bisa tumbuh dengan cerdas dan berkembang untuk menuju generasi Indonesia Emas “Karena kita tidak bisa berjalan sendiri, SIG sebagai salah satu BUMN dengan memili Program BUMN Indonesia Sehat, akan terus berkomitmen untuk mendorong ketahanan kesehatan di Kabupaten Gresik,” katanya.

Sementara, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik yang dihadiri Sekretaris Dinas dr. Tony S. Hartanto mengatakan, jumlah anak stunting seluruh Kabupaten Gresik saat ini sudah menurun. Dari data tahun 2021 sebanyak 7000 anak dan tahun 2022 turun menjadi 4.235 anak.

“Sedangkan untuk di wilayah Kecamatan Kebomas sekitar 430 anak yang stunting. Mudah-mudahan, dengan kerja sama dengan SIG melalui Program SIG Peduli Stunting ini, bisa menurunkan dan mencegah terjadinya stunting di Gresik. Kami bangga dan berterimakasih sekali atas sinergi ini, sehingga anak-anak masyarakat Gresik semakin sehat,” kata dr. Tony.

Acara penyerahan bantuan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) untuk keluarga Stunting dan Ibu Hamil sebanyak 145 paket di wilayah Kabupaten Gresik, Selasa (21/02/2023). (SIG untuk JawaPos.com)

Salah satu Ibu Hamil yang mengikuti Program SIG Peduli Stunting yaitu Saidatul Mufidah (31), warga Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas mengatakan, melalui kegiatan ini bisa menambah wawasan tentang menjaga kesehatan janin dan anak balita. Sehingga, sangat bersyukur kepada SIG dan RSSG yang telah memberikan wawasan kepada Ibu hamil dan keluarga stunting.

“SIG dan RSSG sangat bagus dari program ini. Kami mendapat narasumber yang kompeten dalam cara acara merawat janin dan balita. Sesuai dengan yang dikatakan Pak Edy Saraya, agar anak tumbuh dengan sehat dan mencipai generasi Indonesia emas,” kata Saidatul Mufidah.

General Manager of Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SIG Edy Saraya saat menghadiri pemberian bantuan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam rangka pemberantasan Stunting di Kabupaten Gresik. (SIG untuk JawaPos.com)

Lebih lanjut Edy Saraya menambahkan, 145 paket yang disiapkan SIG untuk keluarga stunting dan ibu hamil meliputi beras 5 kilogram, minyak goreng kemasan 1 liter, gula 1 kilogram, serta sarden 1 kaleng.

Adapun desa di Kabupaten Gresik yang mendapatkan bantuan meliputi desa Ngargosari, Bahanrejo, Giri, Kawisanyar, Kedanyang, Kembangan, Klangonan, Randuagung, Sekarkurung, Sidomukti dan Desa Kebonmas.

“Total bantuan yang diberikan untuk keluarga sunting dan ibu hamil mencapai Rp 263,97 juta. Semoga bantuan yang diberikan SIG bisa bermanfaat,” pungkas Edy Saraya.

By admin