JawaPos.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya mengusulkan ada penurunan tarif Trans Semanggi Suroboyo. Sebab, para pengguna layanan transportasi publik itu mengeluh. Dishub pun telah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

’’Jadi, tarif sebesar Rp 6.200 Trans Semangg iitu hanya untuk sekali jalan. Banyak masyarakat pun keberatan,’’ kata Kepala Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru kemarin (22/2). ’

Adapun Suroboyo Bus hanya Rp 5 ribu. Itu pun tiketnya masih bisa digunakan untuk naik Suroboyo Bus lain secara gratis asal waktunya tidak lebih dari dua jam.

Sejak Oktober lalu, Trans Semanggi Suroboyo mulai berbayar. Sistem pembayarannya hampir sama. Yakni, nontunai. Bedanya, angkutan yang dikelola Kemenhub itu tidak dibuat terusan. ’’Jika tarif terjangkau, masyarakat kian beralih ke transportasi publik. Sehingga bisa menekan kemacetan di Surabaya,’’ lanjutnya.

Menurut Tundjung, tarif yang diusulkan Dishub Surabaya ke Kemenhub sama dengan Suroboyo Bus. Yakni, hanya Rp 5 ribu. Mengenai sistem tiketnya, kata dia, hal itu menjadi wewenang dari pusat. ’’Kami cuma kirim surat masalah tarif, kalau bisa sama Rp 5 ribu,’’ terangnya.

Integrasi Suroboyo Bus dan Trans Semanggi memang tidak mudah. Apalagi, pengelolanya berbeda. Tundjung menyatakan, yang penting tarifnya bisa turun dahulu. ’’Soal integrasi dengan Suroboyo Bus, itu masalah teknis. Butuh kajian dan perhitungan,’’ tambahnya.

Jawaban atas usulan penurunan tarif tersebut masih ditunggu Dishub Surabaya. Pihaknya berharap penyesuaian tarif bisa segera dilakukan. Dengan demikian, masyarakat tidak keberatan dan beralih ke transportasi publik. Berdasar data dishub, per hari ada 5.200 penumpang Suroboyo Bus. Angka itu naik 20 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Tundjung berharap Kemenhub bisa segera merespons surat yang dikirimkan. Termasuk memastikan sistem integrasi di lapangan.

BEDA TRANS SEMANGGI DAN SUROBOYO BUS

Trans Semanggi:

  • Tarif Rp 6.200 sekali jalan. Dikelola Kemenhub.
  • Pembayaran dilakukan secara mandiri oleh penumpang.
  • Melayani dua rute, menjangkau Surabaya Barat dan Timur.

Suroboyo Bus:

  • Tarif Rp 5.000. Tiket bisa digunakan untuk naik lagi secara gratis dalam jangka waktu dua jam.
  • Terdapat petugas ticketing dan dikelola pemkot.
  • Menjangkau Surabaya Pusat, Timur, dan Barat.

By admin