KABAR menyesatkan terkait gempa Turki masih berseliweran di TikTok. Misalnya salah satu akun yang mengunggah gambar seorang pria mencium kaki anjing. Disebut-sebut dalam narasi itu anjing tersebut sebagai penyelamat tiga orang korban gempa Turki.

’’Seorang imam di Turkey, mencium tangan anjing penyelamat 3 orang korban gempa Turkey… Sementara yang disini menjadikan anjing sebagai makanan dan yg lain memusuhinya,’’ begitu keterangan akun TikTok asmadi 1661.

Akun tersebut turut menyertakan foto seorang pria yang menggunakan imamah hitam. Dia mencium kaki sebelah kiri seekor anjing berbulu putih. Situasi itu menunjukkan kondisi di tengah kerumunan (s.id/CiumAnjing).

Tak ada sumber dan penjelasan resmi yang disertakan dalam unggahan tersebut. Berdasar penelusuran menggunakan situs padanan gambar, rupanya foto itu rekayasa dengan menggabungkan dua gambar yang berbeda.

Situs berbahasa Arab Persia farsnews.ir mengunggah klarifikasi atas tuduhan tersebut. Bahkan disertakan pula dua foto yang diduga kuat dijadikan sebagai bahan rekayasa. Foto pertama seorang pria mencium tangan pria yang lebih tua yang sedang duduk. Sedangkan foto kedua adalah pria berpakaian putih tanpa penutup kepala yang sedang mencium anjing putih. Situs farsnews.ir telah mengunggah foto tersebut pada 2016. Anda dapat melihat dua gambar yang berbeda itu di s.id/RekayasaGambar.

Pria yang mencium kaki anjing itu juga diunggah situs berbahasa Polandia. Nama pria tersebut Tomasz Jaeschke, 52, mantan pendeta dari Kota Pozna. Diterjemahkan dari teks aslinya, Jaeschke saat itu menjadi satu-satunya pendeta hewan sekuler di Eropa.

Berita yang terbit pada 2011 itu menjelaskan keinginan Tomasz Jaeschke untuk membangun sebuah gereja yang memungkinkan orang datang dengan hewan peliharaannya. Bukan hanya anjing, melainkan juga hewan peliharaan lain seperti kucing bahkan kambing. ’’Saya akan membangun gereja saya sendiri. Bata demi bata, batu demi batu, bahkan di lokasi reruntuhan gereja, dan sebaiknya di lokasi bekas lumbung, kandang, kandang sapi,’’ ucap Jaeschke. Anda dapat membacanya di s.id/FotoAnjingAsli.

FAKTA

Foto asli pria mencium kaki anjing adalah mantan pendeta Tomasz Jaeschke. Bukan seorang imam Turki.

By admin