JawaPos.com- Perbaikan jalan di wilayah Sidoarjo memang masih belum menyeluruh. Masih terdapat beberapa ruas jalan yang banyak berlubang.  Terlebih imbas hujan deras terus  menguyur, kian mempercepat dan memperah kerusakan badan jalan.

Salah satunya, di Jalan Taruna, Desa Wage, Kecamatan Taman. Lubang jalan tercecer sepanjang sekitar 50 meter. Akibatnya, terkadang muncul korban. Kemarin (22/2), misalnya, seorang pengendara motor terjatuh karena menghindari lubang yang cukup besar.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sidoarjo Rizal Asnan menyatakan, kemarin jalan tersebut sudah masuk jadwal perbaikan. Bukan hanya Jalan Taruna, jalan di sisi timur jalan tersebut seperti Jalan Aryo Bebangah juga diperbaiki. Kemarin siang, perbaikan masih sampai di titik Jalan Aryo Bebangah. Sore baru Jalan Taruna tersebut yang diperbaiki.

Selain di titik itu, jalan lain yang rusak terus diperbaiki. Di antaranya, ruas Jalan Sawotratap–Wage, ruas Jalan Wadungasri–Kedungrejo, ruas Jalan Krembung–Ploso, ruas Jalan Sumokali–Larangan, dan ruas Jalan Lingkar Timur. Salah satu yang cukup parah berada di Lingkar Timur. ’’Untuk Lingkar Timur, sudah tuntas ditambal,’’ katanya.

Rizal menyebutkan, pihaknya melakukan pemeliharaan jalan secara kontraktual sekitar 60 ruas jalan di Sidoarjo. ’’Perbaikan dilakukan pihak ketiga secara kontraktual,’’ katanya. Nah, untuk Jalan Lingkar Timur, selain penambalan yang dilakukan kemarin, Rizal menyebutkan bahwa ada peningkatan Jalan Lingkar Timur pada 2023 ini.

Ruas jalan sepanjang sekitar 10 km itu sudah masuk perencanaan peningkatan jalan pada semester pertama tahun 2023. ’’Rencananya, Maret nanti mulai peningkatan jalan di sana,’’ katanya. Sementara itu, pihaknya masih menambal area yang rusak parah.

’’Awal Januari lalu, juga pernah ada penambalan di sana, tapi ini rusak lagi dan kami perbaiki lagi,’’ katanya. Penyebabnya, intensitas hujan tinggi sehingga aspal tergerus, ditambah banyak kendaraan berat seperti tronton dan lainnya melintasi Jalan Lingkar Timur. ’’Bertahap kami perbaiki semuanya,’’ pungkasnya.

By admin