JawaPos.com – Hingga saat ini indeks kepercayaan industri (IKI) terhadap tekstil dan produk tekstil (TPT) masih terkoreksi. Penyebabnya, pelemahan ekonomi yang membuat demand dari pasar ekspor terkoreksi. Kuartal II 2023 yang di dalamnya terdapat momen Ramadan diharapkan dapat menjadi titik recovery.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini industri TPT perlahan mulai rebound. “Ekonomi dunia mulai membaik, mudah-mudahan dalam hitungan kami ini sekira kuartal II dari tahun 2023, sehingga nanti market akan bertemu kembali,” bebernya.

Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Adi Mahfudz Wuhadji menegaskan bahwa industri tekstil masih terus bergerak meski dalam tekanan. “Tidak mungkin stagnan karena cash manajemen juga tetap harus berjalan,” ujarnya.

Menurut Adi, saat ini sudah mulai membaik. Dalam pantauannya, perlahan pekerja sudah mulai bekerja kembali walau memang tidak semuanya, masih progresif.

Selain itu, sebentar lagi masuk agenda tahunan, yakni Ramadan dan Idul Fitri. “Menjelang Ramadan diharapkan memberikan gairah pada daya beli masyarakat. Khususnya, sandang,” bebernya. “Kita sendiri akan senantiasa optimistis,” jelasnya.

By admin