JawaPos.com–Karantina menjadi suatu halangan orang bepergian ke luar negeri. Oleh karena itu, pemerintah saat ini akan melakukan uji coba bebas karantina bagi wisatawan mancanegara dengan destinasi Bali.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (Sekjen PHRI) Maulana Yusran mengharapkan, Bali sukses menjalankan uji coba tersebut. Dengan begitu, diharapkan wilayah lain segera menerapkan kebijakan yang sama.

”Harapan Bali ini sukses untuk melaksanakan pembukaan border tanpa karantina ini tentu menjadi harapan bagi daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Maulana Yusran ketika dihubungi JawaPos.com, Minggu (6/3).

”Mereka (daerah lain) berharap (pembukaan) border itu bukan hanya di Bali, tapi juga dibuka di wilayah yang tadinya sebelum covid itu, mereka memiliki akses internasional (banyak kunjungan wisman),” sambung dia.

Salah satunya adalah DKI Jakarta. Kunjungan ke ibu kota itu juga besar, terutama untuk kunjungan bisnis.

Apabila wilayah lain juga dibuka, diperkirakan kunjungan wisman ke Indonesia akan bertambah.

Kita berharap akan terbuka akses tanpa karantina, sehingga wisatawan itu bisa masuk dari pilihan border mana mereka mau masuk. Kalau sekarang kan dari Bali dulu, nanti (terapkan kebijakan yang sama) mereka bisa keluar dari mana saja atau mereka bisa traveling domestik tanpa hambatan,” tutur Maulana Yusran.

Menurut dia, dengan penerapan uji coba bebas karantina berjalan baik dan secara bertahap dibuka di daerah lain, perekonomian Indonesia bisa bangkit.

”Kalau sebelumnya kan mereka masuk dan keluar dari Bali. Kalua begitu (daerah lain bebas karantina) kan nanti jadi angin segar bagi wisatawan mancanegara untuk kembali ke Indonesia menikmati liburan dan kegiatan,” terang Maulana Yusran.

By admin