JawaPos.com-Usianya masih muda: 20 tahun. Tinggi badannya pun hanya 170 sentimeter. Namun, Ilham Rio Fahmi sudah bisa diandalkan di sektor kanan pertahanan Persija Jakarta. Buktinya, hingga pekan ke-28 Liga 1, Rio sudah mengantongi 20 caps.

Di balik perkembangan signifikan yang diperlihatkan Rio, ada ritual khusus yang selalu dilakukan sebelum menjalani pertandingan.

Apa itu? ”Di bus saat menuju ke stadion, saya biasanya menyeruput kopi hitam. Saya perlu kopi hitam supaya badan menjadi lebih siap saat bertanding,” tutur pemain asal Banjarnegara, Jawa Tengah, itu melalui pesan singkat.

Sambil menyeruput kopi hitam, Rio memasang headset di telinganya. Kemudian, dia memutar lantunan salawat lewat ponselnya. Rio menerangkan, dirinya sudah terbiasa mendengarkan salawat.

Biasanya, dia mendengarkan syair pujian terhadap Nabi Muhammad yang dilantunkan Habib Syech. Menurut pemain jebolan Elite Pro Academy (EPA) Persija itu, suara yang dilantunkan Habib Syech sangat merdu.

”Salawat juga dapat menenteramkan hati. Pikiran jadi tenteram,” ungkap pemain bernomor punggung 2 tersebut.

Ritual lain yang tidak pernah dilewatkan Rio sebelum bertanding adalah meminta restu orang tua. Rio percaya doa orang tua sangat mustajab. ”Jadi, saya tidak mungkin pernah tidak meminta doa restu orang tua,” ucapnya.

By admin