JawaPos.com- Upaya menekan persebaran Covid-19 terus dilakukan. Para personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP pun terus menggelar Patroli Motor Penegakan Prokes di Masyarakat (Pamor Keris. Kemarin (28/2), mereka menggelar operasi di wilayah bundaran Gresik Kota Baru (GKB. Selain penegakan prokes, petugas juga membagi masker gratis.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis menuturkan bahwa patroli itu bertujuan memastikan bahwa penerapan prokes benar-benar dijalankan secara ketat oleh masyarakat. Petugas juga akan memberikan teguran tegas jika terdapat masyarakat yang kedapatan melanggar.

’’Kami ingin memastikan bahwa protokol kesehatan dilaksanakan secara disiplin dan konsisten. Walaupun sudah divaksin, masyarakat tetap wajib menjaga kesehatan dan keselamatan,’’ terang alumnus Akpol 2002 itu.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan Pamor Keris akan dilakukan secara berkala. Kegiatan tersebut menyasar tempat-tempat keramaian di Kota Pudak. Mulai alun-alun, taman kota, pusat perbelanjaan, kafe, hingga warkop. ’’Selain itu, kami mengimbau masyarakat yang belum vaksin agar segera mengikuti program vaksinasi,’’ ucapnya.

Di tempat terpisah, Kodim 0817/Gresik menggelar serbuan vaksinasi kepada warga Rutan Kelas II-B di Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme. Hal tersebut bertujuan mempercepat kekebalan kelompok bagi seluruh lapisan masyarakat.

’’Saudara-saudara yang ada di rutan juga membutuhkan proteksi dari bahaya Covid-19,’’ jelas Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Taufik Ismail saat memantau pelaksanaan vaksinasi.

Dia menyatakan, dari 746 warga rutan, mayoritas mereka sudah mendapatkan vaksin hingga dosis ketiga. Meski demikian, pihaknya mengingatkan warga rutan dan para sipir agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

’’Sehingga meskipun memiliki kekebalan kelompok, prokes tetap diterapkan untuk mengantisipasi persebaran dalam ruang lingkup yang sangat terbatas,’’ ujarnya.

By admin