JawaPos.com-Capaian Persipura Jayapura dalam tiga pertandingan terakhir sangat buruk. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu kalah 0-3 oleh Barito Putera (14/2), takluk 0-3 saat bertemu Persib Bandung (18/2), dan dipaksa menyerah 1-4 oleh pemuncak klasemen sementara Bali United (24/2).

Rentetan tiga kekalahan tersebut tentu menyulitkan langkah Mutiara Hitam untuk bertahan di Liga 1. Meski begitu, peluang Persipura untuk tidak terdegradasi ke Liga 2 musim depan masih terbuka.

Asalkan, Persipura tidak kalah lagi dalam sisa pertandingan musim ini. Termasuk saat berjumpa Borneo FC malam ini di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pukul 18.15 WIB atau 19.15 Wita.

Mutiara Hitam memiliki modal berharga untuk menghadapi Pesut Etam, julukan Borneo FC. Saat ini kekuatan Persipura yang sempat tereduksi akibat badai Covid-19 mulai pulih.

”Tidak ada lagi pemain yang kena Covid-19. Persiapan kami kini lebih baik. Kami akan berjuang dari semua lini,” tutur pelatih Persipura Angel Alfredo Vera kemarin.

Kembalinya kekuatan Persipura menjadi modal yang sangat berharga. Persipura bisa tancap gas untuk memetik poin-poin yang sebelumnya gagal didapat. Apalagi lawan yang dihadapi hari ini cukup berat. Menurut Alfredo, Borneo FC sulit dikalahkan.

Apalagi Pesut Etam diperkuat mantan striker Persipura Boaz Solossa. Eks penyerang tim nasional Indonesia itu sukses membuat lini depan Pesut Etam lebih tajam musim ini.

”Borneo FC saat ini juga lebih baik di bawah pelatih baru. Kami harus mewaspadai mereka,” tegas mantan pelatih Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC Palembang tersebut.

Sayang, saat harus menghadapi lawan berat, pelatih asal Argentina itu tidak bisa memainkan Yevhen Bokhasvili. Striker asal Rusia tersebut terpaksa diparkir untuk menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. ”Hanya dia pemain yang tidak bisa dimainkan karena kartu,” ungkap Alfredo.

Jika Persipura sedang membutuhkan poin untuk keluar dari zona degradasi, lain halnya dengan Borneo FC. Pesut Etam memerlukan kemenangan untuk menjauh dari kejaran Persija Jakarta. Saat ini Pesut Etam berada di peringkat keenam dengan 39 poin.

Sementara itu, Macan Kemayoran –julukan Persija– menempel ketat di bawahnya dengan selisih 1 poin. Ambisi Fakhri untuk mengalahkan Mutiara Hitam cukup terbuka. Mental para pemain sedang bagus karena mampu menjaga tren tidak terkalahkan dalam enam pertandingan beruntun.

Namun, Fakhri tidak memandang enteng Persipura. Menurut mantan pelatih PKT Bontang itu, jika tidak diantisipasi dengan baik, Mutiara Hitam bisa merusak tren positif yang sedang dijaga Borneo FC.

”Kami sudah melihat rekaman pertandingan Persipura. Saat melawan Bali United, Persipura punya beberapa peluang bagus untuk mencetak gol pada 15 menit pertama. Jadi, mereka tidak bisa diremehkan. Apalagi Persipura punya banyak pemain hebat dan berbakat,” ungkap Fakhri.

Perkiraan Pemain
Persipura Jayapura (4-3-3)
1-Fitrul Dwi Rustapa (g); 14-Brian Fatari, 21-Yustinus Pae, 3-Donni Monim, 58-I Nyoman Ansanay; 13-Ian Kabes (c), 12-Nelson Alom, 15-Theo Numberi; 17-Ferinando Pahabol, 19-Ramiro Fergonzi, 98-Ricky Cawor.
Pelatih: Alfredo Vera

Borneo FC (4-3-3)
31-Gianluca Pandeynuwu (g); 2-Marckho Sandi Merauje, 4-Wildansyah, 44-Nur Diansyah, 74-Rifad Marasabessy; 15-Leo Guntara, 12-Hendro Siswanto (c), 33-Wahyudi Hamisi; 23-Wawan Febrianto, 86-Boaz Salossa, 11-Rifal Lastori.
Pelatih: Fakhri Husaini

Live: Streaming vidio.com
Kickoff: 18.15
Venue: Stadion Kapten I Wayan Dipta

By admin