JawaPos.com-Kamera Canon EOS M6 itu tidak pernah lupa dibawa Novan Setya Sasongko. Selalu ada di tasnya. Lengkap dengan tripod dan mik.

Peralatan tersebut selalu dipakainya tiap kali ada waktu longgar di sela-sela kegiatan tim. Seperti selama seri keempat di Pulau Bali. ’’Saya hobi ngevlog, Mas. Punya channel YouTube juga,’’ tuturnya.

Ya, pemain 32 tahun asal Bojonegoro itu punya channel YouTube sesuai namanya, Novan Setya Sasongko. Ada 13 video yang sudah di-upload. Kebanyakan berkisah tentang kesehariannya sebagai pesepak bola.

Mantan fullback Persebaya Surabaya itu mengaku sudah punya banyak bahan untuk akun YouTube-nya. Tapi, belum ada waktu untuk mengedit video-video yang diambilnya selama bersama Madura United.

’’Mungkin nanti kalau kompetisi selesai. Saya akan ngedit-ngedit lagi karena banyak waktu luang,’’ imbuhnya.

Novan menyebut, aktivitasnya itu hanya sebatas hobi. Tidak dimaksudkan untuk mendapatkan income. ’’Saya hanya hobi saja. Suka mendokumentasikan apa pun. Tidak kepikiran akan jadi pemasukan tambahan,’’ bebernya.

Menurut Novan, dengan melakukan dokumentasi, setidaknya dia punya kenang-kenangan yang bisa ditonton di masa depan. ’’Biar anak-anak saya tahu kalau saya pemain bola,’’ paparnya, lantas tertawa.

By admin