JawaPos.com-Wasit di BRI Liga 1 2021–2022 kembali menjadi sorotan. Di antaranya, dalam dua laga yang dimainkan tim-tim lima besar pada 25 Februari kemarin. Yakni, laga Persib Bandung melawan Persela dan Bhayangkara FC kontra PSM Makassar.

Pelatih Persib dan Bhayangkara FC kompak mengkritik keputusan wasit. Mereka menilai ada indikasi lain sehingga wasit bertindak tidak adil. Nah, malam nanti kembali salah satu tim lima besar, yaitu Persebaya Surabaya, bertanding. Lawannya adalah Madura United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Pelatih Persebaya Aji Santoso yang tahu soal kritik pedas Robert Rene Alberts (pelatih Persib) dan Paul Munster (pelatih Bhayangkara FC) terhadap kinerja wasit berharap malam nanti wasit yang memimpin pertandingan bisa adil.

Apalagi, pertandingan melawan Laskar Sape Kerrap –julukan Madura United– menentukan langkah Persebaya dalam perebutan gelar juara.

”Jangankan pelatih, publik juga berharap di tujuh pertandingan sisa yang menentukan ini wasit bisa memimpin dengan baik,” ujarnya.

Menurut Aji, kepemimpinan wasit yang tidak bagus bisa membuat peluang juara buyar. ”Mudah-mudahan wasit dan hakim garis mengerjakan tugasnya dengan baik. Sesuai dengan rules of the game,” tuturnya.

Selain berharap kinerja wasit bagus, Aji meminta anak asuhnya tetap berfokus. Kemenangan melawan Arema FC pada 23 Februari lalu harus segera dilupakan. ”Jangan terlalu percaya diri. Jangan meremehkan lawan,” tegasnya.

Aji mengungkapkan, kondisi timnya sangat bagus. Bahkan, pada official training kemarin (27/2) pagi, seluruh pemain ikut latihan. Termasuk Ricky Kambuaya yang sebelumnya dibekap cedera. ”Iya, Ricky sudah bergabung bersama tim. Tidak ada masalah. Semua bisa dimainkan,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Madura United Fabio Lefundes menuturkan, anak asuhnya sudah siap. ”Kami sudah beri tahu pemain apa yang harus dilakukan. Persiapan kami juga sangat bagus,” ungkapnya.

Lefundes memahami Persebaya malam nanti bermain dengan kepercayaan diri yang tinggi. ”Karena itu, kami akan mewaspadai semua pemain lawan,” tegasnya.

By admin