JawaPos.com – Timnas Polandia menolak bermain melawan Rusia dalam play off  Piala Dunia yang bakal digelar 24 Maret.

Konflik Rusia vs Ukraina telah memasuki hari ketiga dengan Vladimir Putin melancarkan invasi berskala penuh. Serangan tersebut telah menelan ratusan korban jiwa dan memaksa lebih dari 50 ribu warga Ukraine mengungsi dalam 48 jam terakhir.

Invasi tersebut juga memicu ketakutan di penjuru Eropa.

”Waktu untuk bernegosiasi telah habis. Ini saatnya berakhir. Karena eskalasi yang terjadi akibat invasi Rusia di Ukraina, timnas Polandia tidak akan bermain di play off melawan Rusia,” tulisan President Federasi Sepakbola Polandia Cezary Kulesza.

Dia menambahkan, hanya itu satu-satunya pilihan terbaik.

Kulesza juga menyatakan bakal berkomunikasi dengan federasi sepakbola Swedia dan Republik Ceko. Karena pemenang antara keduanya akan bertanding di Rusia 29 Maret.

Federasi dari tiga negara tersebut mengeluarkan pernyataan bersama kemarin yang mendesak Fifa memindahkan dua laga tersebut dari Rusia.

Bintang Polandia Robert Lewandowski menyatakan dalam cuitannya, akan berkonsultasi dengan rekan setimnya mengenai laga tersebut. Dia juga menegaskan penolakannya atas perang.

”Semua hal indah di dalam olahraga menolak apa yang diakibatkan oleh perang,” katanya.

”Bagi semua orang yang menghargai kebebasan dan perdamaian, ini saatnya menggalang solidaritas untuk korban agresi militer di Ukraina,”

”Sebagai kapten tim nasional, aku akan berbicara dengan rekan setimku terkait laga melawan Rusia. Agar kami bisa memikirkan hal yang perlu diputuskan untuk kemudian kami ajukan kepada presiden PZPN (Asosiasi Sepakbola Polandia) sesegera mungkin,” tandasnya.

By admin