JawaPos.com – Para orang tua disarankan selektif dalam memilih lingkungan sekolah bagi anak. Sekolah yang memerhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan akan berpengaruh besar terhadap kesehatan anak. Jika sekolah tersebut lestari dengan konsep hijau, tentu akan membuat siswa lebih sehat.

Dalam webinar bersama.Islamic Go Green di SMP Islam Al Azhar 55 Jatimakmur baru-baru ini, sekolah menjadi ‘rumah’ kedua bagi para peserta didik atau siswa. Oleh karena itu, sebaiknya dapat menciptakan kenyamanan, keamanan, keindahan, dan juga tata lingkungan yang menyenangkan. Karena hal ini sangat dibutuhkan oleh para siswanya. Konsep go green dapat mewujudkan hal tersebut.

“Dengan go green ini selain membuat nyaman juga dapat membentuk gaya hidup agar lebih peduli pada kelestarian lingkungan, karena kepedulian ini perlu ditanamkan sejak usia dini agar
produktif dan semangat berprestasinya menjadi meningkat atau lebih baik,” kata Ketua Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) Kunrat Wirasubrata kepada wartawan.

Dari sisi kesehatan, Ahli Kesehatan Layanan Primer dr. Edi Alpino Siregar, MKK, Sp.KKLP menjelaskan, sekolah hijau atau sekolah dengan konsep go green memiliki beragam nilai tambah dibandingkan dengan sekolah-sekolah yang belum atau tidak mengadopsi konsep ini. Siswa juga memiliki perilaku berkelanjutan dengan tanggung jawab dalam upaya perbaikan dan menjaga lingkungan sekolah mengingat sekolah akan menjadi lingkungan sehari-hari para siswa.

Apa saja manfaat lingkungan sekolah yang baik bagi kesehatan anak?

1. Generasi Lebih Cerdas

Sehatnya lingkungan dalam sekolah tentu akan sangat mendukung pencapaian terciptanya generasi hebat yang cerdas, sehat dan berkualitas. Penciptaan generasi hebat ini tentu tidak mudah, perlu langkah-langkah yang tepat dengan melibatkan sekolah, guru, siswa, dan orang tua masyarakat, salah satunya yakni dengan konsep go green ini.

2. Tanamkan Cinta Lingkungan

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan merupakan wadah yang tepat untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta pada kelestarian alam dan lingkungan. Diharapkan kebiasaan baik yang diterapkan di sekolah ini dapat ditularkan ke keluarga atau masyarakat sekitar, misalnya dalam hal membuang sampah ke tempatnya sesuai dengan jenis sampah, organik atau non-organik.

3. Lebih Konsentrasi Belajar

Pepohonan hijau yang memenuhi sekolah dapat menekan risiko terjadinya polusi. Selain itu kualitas oksigen terjaga karena kebersihan lingkungan terjaga apik, sehingga memberikan energi positif bagi siswa untuk dapat lebih berkonsentrasi.

4. Cegah Alergi

Efek go green dari segi K3LH (Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Lingkungan Hidup) juga berdampak positif pada siswa yang misalnya memiliki alergi. Sehingga saat berada di lingkungan sekolah, kejadian batuk, asma, gatal-gatal dapat ditekan sedemikian rupa mengingat terjaganya kebersihan lingkungan yang minim debu, misalnya.

5. Turunkan Stres

Lingkungan yang hijau dan representatif tentunya juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan tekanan kala proses pembelajaran.

By admin