JawaPos.com-Belum ada klub Jawa Timur yang lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Deltras Sidoarjo yang berpeluang lolos justru harus menunggu sampai laga terakhir.

The Lobster –julukan Deltras– gagal menang kala menghadapi Perseden Denpasar di Stadion Gelora Delta kemarin sore. Deltras hanya bisa bermain imbang 1-1.

Deltras malah nyaris kalah. I Made Antha mencetak gol ke gawang Deltras pada menit ke-43. Itu sekaligus menjadi kebobolan pertama dalam lima laga terakhir.

”Anak-anak lengah. Itu yang membuat lawan mudah membangun serangan dan mencetak gol,” kata pelatih Deltras Muhammad Zein ”Mamak” Alhaddad.

Beruntung, skuad Deltras langsung bangkit. Delapan menit setelah peluit babak kedua ditiup, Fait Alvin mencetak gol penyeimbang. Setelah itu, beberapa peluang diciptakan. Tapi, tidak ada yang berbuah gol.

”Anak-anak kurang tenang di depan gawang. Selain itu, Perseden memang memiliki lini pertahanan yang sangat disiplin,” ujar mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Kapten Deltras M. Aulia Ardli tidak menampik bahwa Perseden merupakan lawan berat. ”Anak-anak sudah berusaha maksimal untuk menang. Tapi, tetap saja torehan satu poin ini harus kami syukuri,” katanya.

Deltras memang masih berada di puncak klasemen grup V dengan empat poin. Namun, Mamak tidak mau lengah. ”Mau tidak mau laga terakhir kami harus menang meskipun secara hitung-hitungan hasil seri saja sudah cukup (untuk lolos),” tegas Mamak.

Di sisi lain, hasil seri itu membuat Perseden panas. Sang pelatih, I Wayan Sukadana, mencak-mencak. Dia merasa kepemimpinan wasit Abdul Malik berat sebelah. ”Di awal laga, wasit tidak ada masalah. Tapi, setelah kami mencetak gol, ada saja kejanggalan. Beberapa pelanggaran tidak diberikan. Bola out untuk kami malah diberikan untuk lawan. Itu sepele, tapi terus-terusan,” keluhnya.

Dia berharap hal itu tidak terulang. ”Di laga terakhir semoga wasit bisa memimpin dengan adil,” tambahnya.

Sementara itu, nasib baik menaungi Gresik United. Tim berjuluk Laskar Joko Samudro itu bangkit setelah kalah 0-1 oleh Persidago di laga perdana (16/2).

Kemarin sore mereka meraih kemenangan 2-0 atas Jambi United di Stadion Gelora Joko Samudro. Tiga angka membuat kans Gresik United lolos ke babak 16 besar masih terbuka.

Tim pelatih menyebut ketenangan menjadi kunci kemenangan. ”Sebelum pertandingan kami (pelatih) sudah bilang kepada pemain, lupakan laga yang sudah-sudah. Fokus untuk laga ke depan. Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pemain, kami mampu mengamankan tiga poin,” kata asisten pelatih Gresik United Basuki.

Pada laga pemungkas, Gresik United akan menghadapi PCB Persipasi. Hanya kemenangan yang bisa membawa Laskar Joko Samudro lolos ke 16 besar. Gresik United harus berjuang habis-habisan.

Sebab, slot babak 16 besar dari grup U hanya tersisa satu tempat. Itu terjadi setelah Persidago Gorontalo dipastikan lolos usai menang 2-1 atas PCB Persipasi kemarin sore.

”Kami yakin karena kemenangan hari ini (kemarin) membangkitkan motivasi anak-anak di laga selanjutnya,” tegas Basuki.

Hasil 32 Besar Liga 3 Kemarin (19/2)

Grup Q
Persikab Bandung vs Persikota Tangerang 0-0

Grup S
Persak Kebumen vs Mataram Utama 1-2
Gasko Kolaka vs PSGC Ciamis 2-3

Grup U
Persidago Gorontalo vs PCB Persipasi 2-1
Jambi United vs Gresik United 0-2

Grup V
PS Siak vs Gasma Enrekang 3-1
Perseden Denpasar vs Deltras Sidoarjo 1-1

By admin