JawaPos.com – Pelatih Persebaya Aji Santoso sebenarnya sudah mempersiapkan program untuk performa puncak pemainnya. Agar Rendi Irwan dkk langsung tampil ngosek saat kickoff Liga 1 musim 2021–2022 pada 20 Agustus mendatang.

Sayang, program itu harus dimodifikasi lagi. Sebab, kickoff ternyata mundur jadi 27 Agustus mendatang.

Aji mengungkapkan, dengan adanya perubahan tersebut, materi taktikal yang saat ini sudah 75 persen kembali harus disesuaikan dengan fisik skuad Green Force. ’’Anak-anak latihan persiapan sangat bagus. Mudah-mudahan tanggal 27 Agustus bisa maksimal,’’ ujarnya.

Saat ini fokusnya kembali ke fisik. Dia ingin mengatur ritme latihan anak asuhnya. ’’Sejauh ini peningkatan fisik pemain sangat bagus. Nanti, tiga sampai empat hari sebelum kompetisi, akan kami adakan tes fisik lagi kepada pemain,’’ tuturnya.

Sampai saat ini, yang dikeluhkan Aji adalah soal sulitnya uji coba. Padahal, dia butuh beberapa kali uji coba jelang kickoff. ’’Ya, untuk pekan ini, saya belum bisa bicara ada atau tidak uji coba. Tapi, sejujurnya uji coba sangat penting ya,’’ ujarnya.

Sebenarnya Persebaya punya banyak opsi untuk menggelar uji coba. Uji coba dengan tim Liga 3, misalnya. Ada banyak tim di Jawa Timur atau sekitar Surabaya yang bisa diajak uji tanding. Untuk tim Liga 2, ada Hizbul Wathan FC yamg sebelumnya pernah uji coba melawan Persebaya.

Untuk tim Liga 1, tercatat ada Madura United, Persela Lamongan, dan Persipura Jayapura yang menggelar latihan di Jawa Timur. ’’Yang jelas, sebelum kickoff sudah pasti kami butuh uji coba,’’ tegasnya.

Sementara itu, dalam latihan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, kemarin sore (9/8), striker asing Persebaya Jose Wilkson terlihat latihan terpisah. Dia tidak mengikuti program latihan secara penuh. ’’Dia sedikit capek. Jadi, saya izinkan tidak ikut latihan bersama tim,’’ jelas Aji.

By admin