JawaPos.com – Kabar gembira buat para pengguna internet di Tanah Air. Untuk urusan kebutuhan unduh atau download, kecepatan internet rata-rata di Indonesia dikabarkan mengalami perbaikan.

Ini diketahui berdasarkan laporan firma riset OpenSignal yang baru saja merilis artikel analisis terbaru berjudul Mobile Download Speed Recovery Stories Vary in Markets Around the World. Lewat artikel ini, OpenSignal memaparkan tentang fase kebiasaan baru dalam pengalaman seluler.

“Untuk memahami apa itu new normal untuk pengalaman seluler, OpenSignal memperbarui analisis kami sebelumnya mengenai dampak pandemik dan perubahan kebiasaan pengguna dalam hal pengalaman seluler,” tulis Senior Industry Analyst Opensignal Robert Wyrzykowski.

Melalui laporan ini, OpenSignal menyoroti kebijakan lockdown yang berlaku di sejumlah negara akibat dari pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut dikatakan meningkatkan ketergantungan masyarakat akan koneksi internet untuk keperluan bekerja, belajar, dan berkomunikasi.

Karena hal tersebut, OpenSignal melihat adanya fluktuasi kecepatan download di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk di Indonesia, data OpenSignal menyebut ada peningkatan rata-rata kecepatan download sebesar 19,2 persen setiap minggunya.

Data itu didapatkan dari perbandingan bulan Januari-Juni 2021 dengan pra-pandemi Januari-Maret 2020. Namun pada minggu pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, rata-rata kecepatan download sempat mengalami penurunan namun setelah itu kecepatan mengunduh terus mengalami peningkatan.

OpenSignal menyebut, meningkatnya pemakaian data seluler di Indonesia disinyalir sebagai cara untuk menguji ketahanan jaringan seluler. Dalam laporan tersebut, peningkatan juga dikatakan terjadi pada konsumsi data rata-rata masyarakat di Indonesia.

Saat Q1-2019 pengguna di Indonesia mengonsumsi rata-rata 8,5 GB data seluler per-bulan. Angka tersebut kemudian pemakaian data seluler meningkat hampir sebesar 40 persen menjadi 11,8 GB per-bulan pada Q1-2020 dan 14,4 GB per-bulan Q1-2021.

Untuk peningkatan speed dan kualitas download di Indonesia juga dikatakan karena Indonesia telah melakukan beberapa proyek dan kebijakan untuk meningkatkan infrastruktur selulernya. Seperti memperbaharui jaringan Palapa Ring untuk menambah kapasitas dan ketahanan.

By admin