JawaPos.com — Film Selesai arahan dokter dan penyanyi Tompi akan tayang mulai 13 Agustus mendatang di platform streaming Bioskop Online. Kendati demikian, sudah ada cibiran negatif berdatangan pada film ini.

Film ini disebut basi lantaran mengangkat tema perselingkuhan. Tidak sedikit yang menyebut Selesai adalah film tiruan drama Korea.

Dalam jumpa pers virtual, Tompi angkat bicara terkait hal itu. Menurutnya, banyak film memang mengangkat tema lama. Tapi basi atau tidaknya sebuah film sangat tergantung pada proses pembaruan dalam jalannya cerita dan juga pada proses penggarapannya.

“Kalau kita lihat semua tema kan sama, tapi eksekusinya yang beda,” ujar Tompi dalam jumpa pers virtual Senin (9/8).

Film kedua Tompi ini secara sinematografi dijanjikan berbeda dan memiliki ciri khas. Demi mendapatkan gambar terbaik, Tompi mendekatkan diri di lokasi syuting sekaligus memantau sebagai adegan lewat layar monitor. Bagi Tompi, sebuah adegan yang bagus tanpa proses pengambilan gambar yang pas hasilnya kurang baik. Dia pun berusaha membuat sempurna dua hal tersebut.

“Mungkin karena berangkat dari motret. Saya sudah menemukan ranah yang saya merasa nyaman. Saya senang banget dengan gambar yang tidak flat, berangkat dari ilmu komposisi. Aku order semuanya lokasinya gimana, lighting seperti apa dan lain-lain,” tuturnya.

Dia melanjutkan, film Selesai dari sisi cerita dan pesan yang disampaikan tidak dalam posisi memberikan penilaian akan sebuah keberanaran tertentu. Seorang pelakor belum tentu salah dan istri sah tidak selalu benar. Kebenaran sangat tergantung dari perpektif.

“Dari sisi pelakor, bisa saja dia menjadi penyelamat dari sebuah rumah tangga yang akan hancur. Dari sisi istri, pelakor yang merusak. Ini tergantung perspektif,” katanya.

Terkait kabar film Selesai meniru drama Korea, Tompi juga melayangkan bantahan. Baik konsep sinematografi ataupun dari sisi penyutradaaan, ia sama sekali tidak mengambil referensi dari drama-drama dari Negeri Ginseng.

“Saya tidak jadikan film Korea sebagai film referensi. Saya lebih suka film-film Eropa sebenarnya. Dari sisi directing saya lebih suka ke sutradara Amerika. Kalau ke Korea, dari tone color jauh banget ya. Korea kan lebih ke pastel,” tutur Tompi.

Film Selesai diperkuat oleh sejumlah pemain seperti Ariel Tatum, Anya Geraldine, Gading Marten, Selain Tika Panggabean, Farish Nahdi, Imam Darto dan Marini Soerjosoemarno.

By admin