JawaPos.com – Jumlah pertambahan kasus positif Covid-19 di Sidoarjo belum aman. Hingga Selasa (3/8) pertambahan kasusnya masih melonjak cukup tinggi. Bahkan, selama pandemi, total ada sebanyak 892 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan suspect t meninggal dunia.

Salah seorang di antaranya hakim di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo. Mereka baru saja kehilangan hakim senior Harijanto yang meninggal dunia karena terpapar virus korona. ’’Kami sangat kehilangan sosok hakim yang sangat baik. Tidak mudah marah dan memiliki dedikasi tinggi dalam setiap menjalankan tugas,’’ kata Ketua PN Sidoarjo Moh. Muchlis, Selasa (3/8).

Pria yang pernah bertugas di Surabaya itu juga dikenal sebagai hakim yang ramah dan perhatian pada semua orang. Saat Muchlis menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid, Harijanto senantiasa menyemangati melalui pesan WhatsApp. Sekitar dua pekan kemudian, Harijanto dikabarkan positif Covid.

Dia sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya. Hingga akhirnya pesan kepergiannya beredar luas pada Minggu (1/8) lalu. Tidak hanya PN Sidoarjo yang kehilangan hakim. Pihak pengadilan agama (PA) juga pernah kehilangan sosok pengadil yang terjangkit virus Covid.

Berdasar catatan di PA, hakim yang dinyatakan positif Covid selama pandemi lebih dari lima orang. Yang meninggal dunia satu orang. ’’Sebelumnya, ada juga (hakim) yang wafat. Tapi bukan karena Covid, karena sakit lain,’’ ujar Sekretaris PA Sidoarjo Aryl Zabbarespati.

Bukan hanya hakim, para dokter juga terkena virus korana. Setidaknya, sejak 2020 sampai saat ini sudah ada 10 dokter yang terpapar Covid. Dua orang di antaranya meninggal dunia.

Berdasar data, enam dokter dinyatakan terpapar Covid tahun lalu. ”Tahun ini sudah ada empat dokter yang dinyatakan positif Covid-19,’’ kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sidoarjo dr Eddy Santoso SSi. Terkait dari mana para dokter tertular virus, hal itu tidak dapat dipastikan.

Untuk meminimalkan penularan, para dokter pun sudah melakukan serangkaian tindakan. Di antaranya, mengurangi jam praktik. Selain itu, membatasi jumlah pasien yang ditangani.

Hingga saat ini, ada 21.459 warga Sidoarjo yang dinyatakan positif Covid. Sebanyak 16.766 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 789 meninggal dunia. Sisanya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

By admin