JawaPos.com– Digenjotnya program vaksinasi juga dimanfaatkan pengusaha di berbagai industri. Bentuknya berupa promosi khusus untuk produk yang ditawarkan bagi mereka yang sudah divaksin. Cukup menunjukkan sertifikat vaksinasi, pelanggan bisa mendapatkan promosi khusus. Hal tersebut ternyata cukup menarik pembeli.

Sejak pemberlakuannya pada Juli lalu, promo vaksinasi terbukti mendongkrak banyak penjualan. ’’Terutama yang langsung datang ke lokasi, banyak yang sudah menunjukkan kartu vaksinasi,’’ ucap Eka Yurinda, pegawai Chatime Ciputra World Surabaya.

Promosi memang hanya ditujukan untuk pembelian secara langsung. Eka menyatakan, antusiasme pembeli cukup baik hingga mereka memperpanjang promosi serupa. ’’Biasanya satu bulan ganti promo. Cuma untuk vaksin ini, kami perpanjang saja,’’ tutur perempuan berhijab tersebut.

Selain menguntungkan pengusaha, promosi terkait vaksinasi tersebut membantu kampanye vaksin. Hal itu diakui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi P2P Dinkes Jawa Timur Gito Hartono. ’’Secara kaidah, memang sangat membantu, ya,’’ ucap Gito saat ditemui Selasa (3/8). Namun, edukasi tentang vaksinasi juga tetap jadi tumpuan utama. Tujuannya, masyarakat bisa memahami vaksin secara utuh. Baik dari asal pembuatan, manfaat bagi pribadi, maupun dampak secara luas.

Bukan hanya industri makanan, perhotelan juga ikut memberikan promo serupa. Pelanggan bisa menunjukkan kartu vaksinasi saat checkin untuk meraih beberapa keuntungan. ’’Kami tidak buat promosi sendiri, tapi kerja sama dengan online travel agent,’’ ucap Assist Front Office Manager Deka Hotel Kris Agustina Wijayanti.

Keuntungan yang diberikan bergantung hotel masing-masing. Misalnya, bisa check in lebih awal atau gratis menu sarapan. Di Deka Hotel, ada potongan saat memesan makanan di restoran. ’’Jadi, selama mereka stay, dapat potongan mau makan jam berapa pun,’’ ucap Kris.

Menurut dia, pengguna promo vaksin sudah mencapai 30 persen dari jumlah tamu saat ini. ’’Karena hanya terbatas di OTA tertentu. Sedangkan, OTA lain dan cara pemesanan lain belum pakai promosi serupa,’’ sambungnya. Namun, promosi tersebut tetap dinilai menguntungkan di tengah pandemi.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Irvan Widyanto juga mengapresiasi adanya program tersebut. ’’Sangat bagus, kaitannya dengan kampanye vaksin di Kota Surabaya sendiri, ya,’’ ucap Irvan. Kampanye vaksinasi memang perlu digencarkan dan dilakukan berbagai pihak. Sebab, vaksinasi juga menjadi kunci pembentukan herd immunity.

By admin