JawaPos.com – Persebaya Surabaya kembali berlatih kemarin sore. Hanya, dalam latihan itu, skuad yang hadir tidak komplet. Striker Johan Yoga dan Fernando Pamungkas harus absen.

Kenapa? Mereka baru saja menjalani vaksinasi kedua. Vaksinasi itu dilakukan di Lapangan Kodam V/Brawijaya. Artinya, kini seluruh penggawa lokal Green Force –julukan Persebaya– sudah divaksin. Hal itu membuat pelatih Persebaya Aji Santoso senang.

”Ya, bagus. Dengan begitu, kondisi Johan dan Fernando jauh lebih fit. Artinya, bisa terhindar dari Covid-19,” kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Meski para pemain sudah divaksin, Aji berharap mereka tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab, sampai saat ini persebaran virus asal Wuhan, Tiongkok, tersebut masih tinggi.

Saat ini tinggal pemain asing yang belum mendapatkan vaksin. Mereka adalah Bruno Moreira, Alie Sesay, Jose Wilkson, dan Taisei Marukawa. Padahal, empat pemain asing itu sudah satu bulan tinggal di Surabaya. Aji sadar para pemain asing harus segera menjalani vaksinasi.

”Ya, kalau bisa memang secepatnya. Nanti saya bicara dengan manajemen agar pemain asing kami secepatnya divaksin,” terangnya.

Persebaya memang harus bergerak cepat. Sebab, vaksinasi bisa jadi sangat penting bagi pemain. Selain untuk menjaga imun tubuh, vaksinasi bisa saja menjadi salah satu syarat bagi pemain untuk tampil di Liga 1 2021–2022.

Padahal, ada wacana kompetisi bergulir pada 20 Agustus. Jika tidak segera divaksin, bisa saja empat pemain asing tersebut dilarang tampil.

Karena itu, manajemen masih berupaya. Jika sudah ada jatah, empat pemain asing akan langsung menjalani vaksinasi. Sembari menunggu, tim pelatih meminta pemain untuk berfokus latihan.

Saat ini Aji bahkan mulai meningkatkan intensitas latihan. Beberapa materi latihan berat diberikan pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut.

”Latihan mulai banyak game. Di akhir latihan saya kasih game yang selevel dengan kompetisi,” kata Aji.

Pemain dibagi menjadi dua tim, kemudian ditandingkan. Beruntung, para pemain mampu melahap seluruh materi latihan yang diberikan.

”Anak-anak menjalani dengan baik sekali. Dua tim yang saya tandingkan sama-sama tidak mau kalah. Latihan ini bagus buat persaingan pemain,” tambahnya.

Nah, kondisi beberapa pemain yang sempat cedera juga mulai membaik. Alie menepi dalam latihan sebelumnya. Tapi, kemarin dia mulai berlatih penuh. Untuk Bruno, pemain asal Brasil itu masih berlatih secara terpisah.

”Tapi, kondisinya mulai membaik. Mungkin pertengahan pekan ini dia (Bruno) sudah bisa gabung sama tim,” jelas Aji.

By admin