JawaPos.com-Pelari remaja Athing Mu menjadi perempuan Amerika Serikat pertama dalam lebih dari setengah abad terakhir, yang meraih emas lari 800m di Olimpiade.

Remaja ajaib berusia 19 tahun asal New Jersey tersebut baru beralih ke lari profesional Juni lalu. Itu setelah dia melewatkan karir tingkat kampus yang gemilang. Dalam lomba, Mu memimpin sejak start sampai finis untuk memecahkan rekor nasional baru Amerika Serikat dengan catatan 1 menit dan 55,21 detik.

Pelari Inggris Keely Hodgkinson yang juga berusia 19 tahun merebut medali perak. Dia mencatat waktu 1:55,88. Sedangkan pelari Amerika Serikat lainnya Raevyn Rogers mendulang medali perunggu setelah menorehkan waktu 1:56,81.

Orang tua Mu pindah ke Amerika Serikat setelah mengungsi karena perang saudara di Sudan. Dengan kesuksesan ini, dia menjadi perempuan pertama AS yang memenangi lari 800m putri sejak Madeline Manning memenangkan emas OIimpiade Mexico City 1968.

Sungguh penampilan menakjubkan dari Mu. Dia memperlihatkan kepercayaan diri dan kedewasaan yang hebat. Mu mementahkan anggapan banyak orang kalau dia tidak berpengalamannya dalam kompetisi atletik tingkat tinggi.

Berlari dari lintasan tiga, Mu memimpin pada 200m pertama. Setelah itu, dia tak pernah tersalip untuk mencatat waktu 57,82 detik pada putaran pertama.

Dia kemudian kian memacu kecepatan berlarinya pada 200 meter terakhir. Mu melesat sendirian melewati garis finis dengan margin kemenangan yang besar dari runner-up Hodgkinson.

Lari 800m OIimpiade tahun ini berlangsung tanpa diikuti peraih medali emas Olimpiade 2012 dan Olimpiade 2016 Caster Semenya dari Afrika Selatan.

Semenya dilarang berlomba di atas nomor 800m oleh aturan pengurangan testosteron dari World Athletics.

By admin