Kehidupan rumah tangga tak selalu seindah foto atau video yang diunggah di media sosial. Ada badai yang menerjang untuk membuktikan seberapa kuat cinta di antara suami-istri. Itulah kehidupan Ayu (Ariel Tatum) dan Broto (Gading Marten) dalam Selesai.

BROTO seorang pria tampan dan kaya. Namun, dia bukanlah tipikal suami setia. Di belakang Ayu, Broto menjalin hubungan terlarang dengan perempuan lain. Karakter perempuan simpanan tersebut diperankan Anya Geraldine.

Cinta yang seharusnya menjadi sumber kebahagiaan justru membawa duka. Yang semula kata kerja, menjadi tanda bahaya. Rasa yang terikat antara Broto dan Anya tak salah, tetapi terjalin di waktu yang tak tepat dan jalan yang haram.

Ayu yang sudah lelah diselingkuhi berniat meninggalkan suaminya. Pada saat tekadnya sudah bulat, dia diuji keadaan. Ibu mertuanya hadir di dalam rumah mereka saat lockdown akibat pandemi. Di tengah usaha Ayu menjaga perasaan sang ibu mertua, Broto justru menemukan fakta-fakta baru tentang istrinya. Akankah hal itu bisa membubarkan rencana perceraian?

Selesai bakal dirilis pada 13 Agustus mendatang di platform Bioskop Online. Film yang menyuguhkan cerita tentang cinta, pengkhianatan, dan rahasia tersebut ditulis mantan host acara The Comment Imam Darto. Tulisan itu kemudian dikembangkan dan digodok bersama dengan rekan sekaligus sutradara film tersebut, yakni Tompi.

Itu merupakan karya kedua Tompi sebagai sutradara setelah menjalani debut di belakang kamera dalam Pretty Boys (2019) yang juga dibintangi Imam Darto. ’’Awalnya terlihat seperti sebuah cinta segitiga biasa, tapi berkembang menjadi suatu misteri yang dalam,’’ kata Darto saat dihubungi Kamis malam (29/7).

Ide cerita itu muncul dari pikirannya yang membayangkan sesuatu hal yang random pada masa awal pandemi Covid-19. Dia dipengaruhi kisah kehidupan orang-orang di sekelilingnya. Riset yang dilakukan untuk mendalami cerita serta karakter supaya relate dengan kehidupan nyata terbilang mendalam. Namun, Darto belum mau menjelaskan prosesnya supaya memberikan pengalaman tersendiri bagi penonton.

’’Mungkin akan diungkap setelah filmnya udah lewat (tayang, Red). Sekarang biar gue sama Tompi aja yang keep,’’ ujar dia.

Bukan hanya kepada publik, hal itu juga dirahasiakan dari para cast dan tim produksi. Yang pasti, kata Darto, Selesai mengisahkan cerita rumah tangga yang apa adanya. Dia menjamin para penonton akan terhanyut. Chemistry antara Ariel Tatum, Gading, dan Anya, menurut dia, begitu kuat. Ditambah sinematografi yang berkelas.

Ketika film rampung, Darto pun angkat topi mengakui kehebatan akting ketiga bintang utama. Selesai juga dibintangi Tika Panggabean, Faris Nahdi, Marini Soerjosoemarno, termasuk Darto yang juga ikut mendapat peran.

’’Pokoknya di sini semua main sesuai porsinya. Gading nggak perlu diragukan, Ariel Tatum di sini mainnya gila banget, Anya juga waw. Pas dan edan deh,’’ tutur mantan penyiar radio Prambors itu.

Dari sisi penulis, dia ingin menyampaikan bahwa pernikahan tidak selalu membawa kebahagiaan. Pria kelahiran Jakarta, 38 tahun silam, itu menunjukkan bermacam permasalahan yang timbul di dalam rumah tangga. Termasuk dari lingkungan sekitar. Entah itu mertua, adik/kakak ipar, masa lalu, juga masa depan.

’’Di sini semua ceritanya jujur, lugas, dan apa adanya. Pasti ada beberapa bagian yang membuat tidak nyaman, tapi that’s the point. Kami membuat karya yang bikin orang ’ih’,’’ terang Darto.

Baca Juga: Samuel Hartono, Pemilik Showroom Disidang karena Jual Mobil tanpa BPKB

Selesai dipilih sebagai judul oleh Tompi dengan alasan tertentu. Menurut dia, sepotong kata tersebut memang menjadi satu bagian dari trilogi. Dia tak menampik, ke depannya akan dibuat menjadi sekuel. ’’Mungkin film selanjutnya berjudul Lagi dan yang ketiga Mulai. Ya, i don’t know. Kalau yang pertama pecah, why not?’’ ujarnya.


FILM SELESAI

PEMAIN: Gading Marten (Broto), Ariel Tatum (Ayu), Anya Geraldine (Anya), Marini Soerjosoemarno (Sriwedari), Tika Panggabean (Yani), Faris Nahdi (Dimas)

SUTRADARA: Tompi

PENULIS SKENARIO: Imam Darto

RUMAH PRODUKSI: Beyoutiful Pictures

DURASI: 82 menit

GENRE: Drama

JADWAL TAYANG: 13 Agustus 2021 (di platform Bioskop Online)

By admin